BMKG Beberkan Penyebab Bogor Sering Terjadi Gempa, Dipicu Aktivitas Sesar

Senin, 18 Desember 2023 | 21:29:12 WIB

RUANGBOGOR - Belakangan ini, Kabupaten Bogor sering mengalami gempa. Pemantauan Pusat Gempa Regional (PGR) II pada 6-18 Desember 2023 pukul 08.00 WIB menunjukkan terjadi 85 kejadian gempa, di mana enam di antaranya dirasakan oleh masyarakat.

Gempa-gempa ini dominan bersifat dangkal dengan kedalaman 3 hingga 26 km, dan memiliki magnitudo antara 1,7 hingga 4,6.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa gempa-gempa di Bogor dapat dikategorikan sebagai gempa swarm yang dipicu oleh aktivitas sesar aktif. Gempa swarm adalah serangkaian aktivitas gempa tanpa adanya gempa utama (mainshock), dengan magnitudo relatif kecil, tetapi memiliki frekuensi kejadian yang cukup tinggi.

Meskipun magnitudonya relatif kecil, gempa swarm dapat menimbulkan kerusakan pada bangunan dan struktur tanah, terutama di kawasan rawan longsor, mengingat frekuensi kejadiannya yang cukup tinggi.

Hasil survei dari Stasiun Geofisika Sukabumi mendeteksi adanya kerusakan bangunan di Kecamatan Pamijahan dan Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Bogor. Kerusakan tersebut umumnya disebabkan oleh kualitas dan lokasi bangunan yang berada di daerah kemiringan.

Selain itu, retakan tanah juga ditemukan di Desa Cipeteuy, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Bogor. Retakan tanah ini sesuai dengan lereng yang berpotensi longsor.

Pada Kamis, 14 Desember 2023, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan gempa terkini di Jawa Barat. Gempa dengan kekuatan magnitudo 4,7 terjadi pada pukul 06.35 WIB di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dan terasa hingga ke Bogor.

Meskipun BMKG memberikan informasi dengan cepat, mereka juga menyertakan disclaimer, "Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data."

Pantau terus informasi gempa terkini di Jawa Barat dan informasi gempa di Bogor berdasarkan pembaruan resmi BMKG. BMKG secara aktif memberikan update terkait status gempa dan fenomena alam lainnya untuk memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu kepada masyarakat.

Tags

Terkini