Rumah Batik Komar Bandung yang Mendunia Tawarkan Motif Batik Tradisional Jawa Barat

Sabtu, 20 Januari 2024 | 21:26:23 WIB
Rumah Batik Komar Bandung Temukan Motif Batik Tradisional Jawa Barat

RUANGBOGOR – Kamu yang berwisata ke Bandung jika ingin membawa oleh-oleh ketika akan kembali pulang wajib mampir ke rumah batik komar.

Rumah batik Komar adalah salah satu toko batik yang ada di Sentra batik khas Bandung di kawasan Cigadung, Kota Bandung.

Sesuai namanya Rumah Batik Komar adalh usaha keluarga Komarudin Kudiya bersama dengan istrinya, Nuryanti Widya (Yeyen). 

Ketika awal kemunculannya, Rumha Batik Komar menawarkan berbagai motif batik tradisional khas Cirebon. Kemudian seiring berkembangnya zaman, inovasi desain batiknya pun terus diciptakan.

Kekinian Rumah Batik Komar Bandung banyak menghadirkan kombinasi motif batik tradisional Jawa Barat dan kontemporer. Diantara motif kombinasi yang banyak diminati yaitu shibotik yang meruapkan perpaduan antara motif khas Jepang (Shibori) dengan batik. 

Tak hanya itu ada juga motif batik kontemporer lainnya seperti gambar Jembatan Pasupati, Angklung dan Bunga Patrakomala (bunga khas Kota Bandung).

Hebatnya Rumah Batik Komar ini bisa menghasilkan sekitar 1.500-2.000 kain batik cap dan 150-200 kain batik tulis. Untuk kualitas tak usah diragukan lagi pasti mutu terjamin. 

Pemilihan jenis kain batik komar sampai denagn proses pewarnaannya dilakukan dengan sedetail mungkin. Oleh karenanya batik ini tak hanay diminati masyarakat Indonesia namun juga sudah sampai ke mancanegara  seperti Jepang, Amerika, Perancis, Malaysia dan beberapa negara Asia lainnya.

Berlokasi di Jalan Cigadung Raya Timur 1 No.5 Rumah Batik Komar ini kental sekali dengan unsur tradisionalnya. 

Ketika memasuki area depan, kamu akan lasnung disuguhi pemandangan indah dinding rumah yang dihiasi motif batik khas Cirebon yaitu Megamendung. Kemudian pada area dalamnya lebih banyak dihiasi oleh ornamen kayu tradisional.

Jika kamu ingin langsung membeli produk batik, kamu bisa lansung  memasuki area Showroom yang terletak di sebelah kanan dari arah pintu masuk Rumah Batik Komar. 

Ada banyak produk batik mulai dari kain, atasan, scarf  dan pouch bisa ditemukan di Showroom ini. Tak hanmy Showroom, ada pula area Workshop yang bisa dikunjungi. 

Demikian itulah batik komar Bandung yang dapat kamu kunjungi saat berada di kota kembang.

Tags

Terkini