Bukan Labuan Bajo atau Sungai Aare, Cuma 1 Jam dari Jogja Bayar Rp10 Ribu Bisa Berenang di Air Mineral Seperti Artis Nadine Chandrawinata

Rabu, 27 Maret 2024 | 18:03:20 WIB

RUANGBOGOR - Kamu bermimpi berenang di air biru yang jernih kayak di Natuna atau Labuan Bajo atau bahkan Sungai Aare yang terkenal indah di Swiss? Nggak perlu jauh-jauh! Di Klaten, Jawa Tengah, ada Umbul Sigedang, kolam mata air jernih yang bikin kamu berasa berenang di Swiss!

Iya kamu nggak salah, cuma di Klaten. Jaraknya cuma sekitar 1 jam aja dari Jogja kamu bisa bebas berenang di air super jernih, kayak berendam di air mineral!

Airnya sejernih apa sih? Jernihnya kebangetan! Saking jernihnya, kamu bisa lihat ikan-ikan kecil berenang bebas di bawah air. Bagus banget buat spot foto underwater atau landscape yang kece abis!

Tempat ini memang jadi favorit karena katanya airnya sejernih air mineral, deket lagi sama sumber air mineral AQUA.

Di sini ada dua mata air, Sigedang dan Kapilaler yang memenuhi standar air minum. Kedalaman mereka sekitar 1,5 - 1,6 meter, dan airnya bening banget kayak Sungai Aare di Swiss.

Saking kerennya, artis Nadine Chandrawinata aja pernah datang ke Umbul Sigedang loh. Doi membagikan pengalamannya berenang di air biru lewat akun Instgaramnya.

"Negeri seribu mata air. Pohon beringin yang besar dan rindang, airnya sangat jernih dengan dasar berupa batuan dan tanah, ikan-ikan bahagia menyapa," kata Nadine.

Yakin nyesel banget deh kalau kamu gak nyempetin main ke Umbul Sigedang ini. Nadine Chandrawinata aja main ke sini, masa kamu nggak?

Yang bikin tempat ini asik banget, ya karena airnya yang jernih dan segar. Konon katanya, menurut cerita orang-orang setempat, dulu kolam ini tempat pemandian putri kerajaan di abad ke-8, trus jadi tempat suci buat peribadatan.

Keindahan alam sekitarnya masih terjaga banget, jadi bisa buat momen foto seru sama keluarga atau teman-teman.

Ada dua kolam air di sini yang bisa dipake buat berenang atau terapi ikan. Buat kamu yang bawa anak-anak jangan takut, soalnya kolam di Umbul Sigedang ini dangkal jadi cocok banget buat anak-anak.

Tempat wisata air Umbul Sigedang-Kapilaler ini buka setiap hari dari jam 7 pagi sampe jam 5 sore. Harga tiket masuknya cuma Rp10.000 per orang aja. Murah banget, kan?

Kalo mau kesini, lebih bagus datang pagi-pagi biar bisa nikmatin udara sejuknya dan airnya yang adem. Lagian, pagi itu waktu yang paling oke buat ngeliatin kecantikan Umbul karena belum banyak orang yang datang.

Kalau kamu mau ke Umbul Sigedang, buka Google Maps aja, lokasinya ada di Dukul Umbulsari, Desa Ponggok. Tapi secara administratif, tempatnya di Desa Karanglo, Kecamatan Polanharjo, Klaten.

Kalau kamu bawa kendaraan pribadi, dari Jalan Raya Utama Solo - Yogyakarta, jaraknya sekitar 6 kilometer ke arah barat lewat Boyolali - Tulung - Ponggok. Atau dari utara, bisa lewat Boyolali - Janti - Cokro - Ponggok. Kalo dari arah timur, dari Solo - Delangu - Ponggok. Terus dari selatan, rutenya dari Yogyakarta - Klaten - Karanganom - Ponggok.

Nah, gimana tertariuk nggak berenang di air mineral bareng ikan? Cus, masukin Umbul Sigedang Kapilaler Klaten jadi destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi pas liburan ya!

Tags

Terkini