Desa Lihunu Surga Tersembunyi di Maluku dengan Savana, Pantai dan Budaya Lokal, Destinasi Snorkeling dan Diving

Jumat, 29 Maret 2024 | 15:28:55 WIB

RUANGBOGOR - Pengen liburan yang beda dari yang lain di Pulau Bangka? Coba deh mampir ke Desa Wisata Lihunu! Nah, di sini ada Savana Empung yang jadi spot keren buat foto-foto. Dari atas Bukit Ambang, view-nya keren banget, bisa liat pantai-pantai sekitarnya.

Gak cuma itu aja, pantai-pantai di sekitar Desa Lihunu juga asyik buat snorkeling atau diving. Buktinya, ada enam resor diving di sana! Trus, selain alamnya yang oke punya, budayanya juga menarik. Masyarakat di Desa Lihunu punya tarian tradisional yang keren abis! Ada Tari Gunde, Cakalele, dan Masamper yang bisa kamu nikmatin.

Kalo lagi di sana, mending nginep aja di homestay yang dikelola sama masyarakat lokal. Seru kan!

Tau gak, di Sulawesi Utara, gak cuma Bunaken yang tenar. Ada satu tempat keren lagi yang belum banyak diketahui orang, yaitu Desa Lihunu! Tempatnya di Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara.

Desa ini punya pantai yang putih banget, plus bukit savana yang hijau luasnya gak kebayang. Seru abis buat jalan-jalan dan ngisi liburan!

Mau liburan ke tempat keren yang nggak kalah seru dari destinasi populer? Coba deh mampir ke Desa Lihunu! Desa ini termasuk dalam program Destinasi Super Prioritas Likupang yang digarap sama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Pantai Lihunu jadi magnet utama di Desa Lihunu. Pasir putihnya halus dan lautnya jernih banget, bikin pengen langsung berenang, berjemur, atau main pasir. Kalau mau eksplor pulau-pulau kecil di sekitar, bisa sewa perahu nelayan, loh! Ada Pulau Bangka, Pulau Gangga, dan Pulau Talise yang bisa kamu jelajahi.

Jangan lewatkan juga sunset di Pantai Lihunu, guys! Langit bakal berubah jadi warna-warni yang cantik banget, apalagi dengan latar belakang Gunung Klabat dan Gunung Lokon yang kokoh.

Selain pantai, Desa Lihunu juga punya Bukit Savana Empung yang ikonik. Bukit ini penuh dengan rumput hijau yang bikin adem banget. Dari sini, kamu bisa lihat pemandangan laut yang memukau. Ada spot-spot foto kece juga, kayak ayunan, gardu pandang, dan hammock.

Fasilitas di Desa Lihunu juga udah oke banget berkat dukungan dari Kemenparekraf. Mulai dari homestay, warung makan, toilet umum, tempat parkir, sampe gazebo dan mushola, semua ada! Kalo mau foto-foto kece, bisa sewa alat-alat selfie kayak drone, kamera DSLR, dan tripod juga.

Nah, kalo dari Kota Manado mau kesini, gampang kok! Tinggal naik kendaraan pribadi atau transportasi umum aja. Dari Kota Manado, cuma sekitar 1 jam perjalanan atau sekitar 48 km aja. Ikutin aja jalan tol Manado-Bitung, keluar di pintu tol Likupang Timur, trus jalan terus sampe kamu sampai di Desa Lihunu. Gampang banget, kan? Jadi, kapan mau kesini? Liburanmu bakal seru banget di Desa Lihunu!

KEK Likupang lagi ngembangin waterfront city, marina, dan konservasi. Jadi, konsep marina bakal terintegrasi sama waterfront city yang ada rumah tinggalnya. Di luar area KEK, ada rencana juga buat bangun Wallace Conservation Center dan Yacht Marina.

Konsep yang mereka usung ini sejalan banget sama tren wisata terkini yang lebih ke arah sustainable living, gitu. Jadi nggak heran kalau KEK Likupang jadi sorotan.

Sampe Desember 2023, investasi di KEK Likupang udah tembus Rp509 miliar dan udah nyerap 819 tenaga kerja. Dan tahun ini, mereka punya target investasi sebesar Rp175,17 miliar dan bakal menyerap 440 orang lagi.

Semua ini diharapkan bisa bawa dampak positif buat negara, seperti peningkatan ekspor, mengurangi impor, dan nambah devisa. KEK juga diharapkan bisa jadi andalan buat ngeramaikan ekonomi global pasca krisis.

Tags

Terkini