Liburan Bikin Nambah Pintar! Wisata Dirgantara Seru di Lanud Suryadarma Subang, Lihat Peninggalan Belanda dan Jepang

Jumat, 05 April 2024 | 14:09:26 WIB

RUANGBOGOR - Kalo kamu suka sejarah dan pengen sensasi wisata yang beda dari yang lain, tempat yang satu ini wajib banget kamu kunjungin. Nggak usah jauh-jauh ke luar negeri, cukup di Subang, Jawa Barat aja. Di situ ada Markas Pangkalan TNI Angkatan Udara Suryadarma alias Lanud Suryadarma Kalijati, tempat yang punya sejarah panjang dan seru abis!

Nggak cuma buat para prajurit TNI AU, Lanud Suryadarma ini juga jadi lambang kebanggaan buat Indonesia. Ada banyak cerita dan peristiwa bersejarah di sini, mulai dari sejarah penerbangan sampai pertahanan negara. Jadi, nggak heran kalo Lanud Suryadarma ini jadi markas operasi penting di bawah Komando Operasi TNI Angkatan Udara Satu.

Nah, yang bikin seru tuh, di sini kita bisa ngerasain sendiri suasana sejarahnya, mulai dari anak PAUD sampe mahasiswa bisa berkunjung ke sini untuk belajar mengenai kedirgantaraan.

Kamu bakal diajak buat eksplorasi ke tempat-tempat keren di Lanud Suryadarma, dimulai dari Museum Amerta Dirgantara. Di situ, kamu bisa lihat pesawat-pesawat keren dari masa lampau. Gedung museumnya sendiri udah berdiri sejak zaman Belanda tahun 1917. Jadi, bayangin aja betapa banyak kisah yang tersimpan di sini.

Tapi itu baru permulaan. Kalian juga bakal diajak buat jalan-jalan ke Home Base Pegasus (Skadron Udara 7), tempat kelahiran para pilot helikopter profesional.

Terus, ada juga Rumah Sejarah Kalijati yang udah jadi saksi bisu penyerahan kekuasaan dari Belanda ke Jepang pada tahun 1942. Tempat ini bener-bener kaya akan cerita sejarah yang sayang banget kalo dilewatkan.

Museum Rumah Sejarah Kalijati ini udah dibuka untuk umum sejak tahun 1986, museum ini nggak cuma jadi tempat buat liat-liat artefak sejarah, tapi juga jadi medium buat menginspirasi generasi muda biar lebih peduli sama sejarah bangsa kita sendiri. Kita punya budaya yang keren dan unik, jadi jangan sampe terlena sama budaya barat!

Jadi, kalo kamu lagi bosen dengan destinasi wisata yang biasa aja, mending jalan-jalan ke Lanud Suryadarma Kalijati, Subang. Seru, edukatif, dan pastinya bakal nambah wawasan kamu tentang sejarah Indonesia khususnya tentang dirgantara nih. So, tunggu apalagi? Ajak temen-temen kamu dan rasain sensasi wisata dirgantara yang beda di sini!

Tags

Terkini