Ada 4 Wisata Baru di Wakatobi, Kementerian PUPR Gelontorkan Dana Rp96 Miliar untuk Bentuk Surga Dunia!

Kamis, 30 Mei 2024 | 18:52:37 WIB
Pantai Sombu Dive, Salah Satu Destinasi Wisata Baru di Wakatobi. Sumber foto: instagram.com/@kemenpupr

RUANGBOGOR.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) baru saja merampungkan penataan kawasan di KSPN Wakatobi yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Wakatobi diharapankan bisa jadi "Bali Baru" di Indonesia. Jadi icon wisata di Indonesia nantinya bukan suma Pulau Dewata Bali tetapi juga Wakatobi dan kawasan KSPN lainnya.

Kini KSPN Wakatobi jadi destinasi wisata unggulan di Timur Indonesia. Informasi tersebut diumumkan oleh Kementerian PUPR di media sosial Instagram resmi @kemenpupr pada hari ini, Kamis 30 Mei 2024.

"Kementerian PUPR telah menyelesaikan penataan 4 destinasi wisata unggulan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Wakatobi, Sulawesi Tenggara," tulis @kemenpupr.

"Kawasan ini juga telah diresmikan oleh Presiden @jokowi pada 14 Mei yang lalu berbarengan dengan peresmian Bendungan Ameroro. Empat destinasi wisata tersebut yakni Sombu Dive, Puncak Toliamba, Danau Kapota dan Alun-Alun Merdeka," pungkasnya.

Kementerian PUPR sukses menyulap keempat obyek wisata di KSPN Wakatobi jadi surga dunia. Apa saja keindahan yang ditawarkan di sana? Yuk simak ulasan lengkapnya.

1. Puncak Toliamba

Puncak Toliamba menawarkan pemandangan indah pulau-pulau yang tersebar di sekitar Kepulauan Wakatobi dari Dataran Tinggi Toliamba di Desa Waginopo. Kementerian PUPR melakukan penataan meliputi pembangunan jalan akses, instalasi fasilitas umum, penataan kios UMKM, kafe, area plaza (ruang terbuka), dan pengelolaan lanskap.

2. Pantai Sombu Dive

Destinasi wisata ini dikenal dengan keindahan bawah lautnya. Itu sebabnya banyak orang senang menyelam di Desa Sombu. Kementerian PUPR melakukan penataan meliputi dermaga, training pool, restoran, kios souvenir, ruang pameran, dan area plaza (ruang terbuka).

3. Danau Kapota

Danau Kapota atau dikenal dengan Danau Tailaronto'oge menyuguhkan wisata edukasi dengan dikelilingi pohon mangrove. Tempat wisata itu kini sudah memiliki pembuatan area ticketing, jalur pejalan kaki, gazebo, dan menara pandang.

4. Alun-alun Merdeka

Penataan alun-alun merdeka didesain sebagai pusat kegiatan masyarakat dengan ruang terbuka untuk berbagai acara. Kawasan ini dilengkapi dengan fasilitas berupa panggung terbuka, rumah lawa, kios kuliner lokal, penataan lanskap, dan jalur pedestrian.

Itulah daftar empat wisata baru di KSPN Wakatobi yang baru saja diumumkan oleh Kementerian PUPR. Untuk menata Sombu Dive, Puncak Toliamba, Danau Kapota dan Alun-Alun Merdeka diperlukan anggaran senilai Rp96,54 miliar. Fantastis bukan! Siapapun yang berlibur ke sini akan menikmati keindahan surga dunia yang ada di Indonesia.

Penataan kawasan wisata Wakatobi ini diharapkan dapat memperkuat ekonomi lokal, meningkatkan kunjungan wisatawan, dan mendorong investasi pada sektor wisata sekaligus memelihara nilai-nilai budaya dan kelestarian alam. 

Tags

Terkini