Kelanjutkan Kasus Lee Sun Kyun: Proses Hukum Polisi, Penyidik, dan Jaksa yang Terlibat Berlanjut

Senin, 08 Juli 2024 | 23:20:32 WIB
Orang-orang yang Terlibat Dalam Kasus Kematian Lee Sun Kyun Diadili. Sumber Foto: TMZ.com

RUANGBOGOR.COM - Ada berita terbaru nih tentang kasus Lee Sun Kyun. Jadi, setelah 6 bulan kejadian kematian Lee Sun Kyun, polisi, penyidik, dan jaksa yang terlibat dalam 'kebocoran informasi investigasi' mereka bakal diadili.

Menurut kabar dari Newsis hari ini, Badan Kepolisian Provinsi Gyeonggi Nambu sudah mengirimkan petugas polisi A dari Badan Kepolisian Incheon dan penyidik B dari Kantor Kejaksaan Distrik Incheon ke penuntutan tanggal 27 Juni lalu.

Mereka dituduh mengeluarkan info rahasia dan melanggar hukum perlindungan informasi pribadi terkait kasus narkoba Lee Sun Kyun. Selain itu, ada juga 4 jurnalis yang dikirim ke penuntutan tanpa ditahan, karena mereka diduga melanggar hukum perlindungan informasi pribadi dengan nerima info langsung atau tidak langsung dari petugas polisi.

Petugas polisi A yang didakwa memberikan laporan perkembangan penyidikan kasus narkoba Lee Sun Kyun ke jurnalis, sebenarnya tidak ada kaitannya dengan bagian investigasi kejahatan narkoba.

Laporan yang dibocorin itu katanya dari Unit Investigasi Kejahatan Narkoba Badan Kepolisian Incheon pada Oktober tahun lalu, lengkap dengan detail pribadi seperti nama, catatan kriminal, identitas, dan pekerjaan terkait kasus narkoba Lee Sun Kyun.

Nah, 3 jurnalis udah teridentifikasi dapetin laporan itu lalu melihat isinya dari petugas polisi A. Penyidik B dari Kantor Kejaksaan Distrik Incheon juga didakwa karena mendatangi jurnalis dari koran lokal di Gyeonggi lewat telepon buat ngabarin kalo Lee Sun Kyun lagi diselidiki polisi.

Akibatnya, koran itu eksklusif lapor tanggal 19 Oktober tahun lalu, bahwa “ada penyelidikan internal terkait tuduhan narkoba.” Lee Sun Kyun sendiri diselidiki polisi pada Oktober tahun lalu atas tuduhan penggunaan narkoba, dan setelah dipanggil tiga kali buat penyelidikan, dia akhirnya ditemukan meninggal di Waryong Park, Jongno-gu, Seoul pada 27 Desember tahun lalu.

Lee Sun Kyun adalah seorang aktor terkenal asal Korea Selatan yang dikenal karena kemampuan aktingnya yang luar biasa. Dia lahir pada 2 Maret 1975 di Seoul, Korea Selatan. Lee Sun Kyun memulai kariernya di dunia hiburan sebagai model sebelum akhirnya beralih ke dunia akting.

Kariernya terus melejit hingga kemampuan aktingnya diakui oleh dunia. Berperan dalam film Parasite sebagai Park Dong Ik, Lee Sun Kyun bersama aktor Parasite lainnya memenangkan Screen Actors Guild (SAG) Award 2020 dalam kategori “Ensemble Cast in a Motion Picture”.

Film tersebut juga mendapatkan apresiasi tertinggi dalam ajang penghargaan prestisius Academy Awards 2020 sebagai film terbaik. Bukan cuma itu saja, pada tahun 2022 Lee Sun Kyun bahkan mendapatkan nominasi untuk penghargaan aktor terbaik dalam ajang International Emmy Awards untuk aktingnya dalam serial Dr. Brain.

Tags

Terkini