15 Tempat Wisata di Cilegon Banten Belum Banyak Diketahui Kalayak Umum

Selasa, 09 Juli 2024 | 20:12:26 WIB
15 Tempat Wisata di Cilegon Banten Belum Banyak Diketahui Kalayak Umum

RUANGBOGOR – Cilegon, kota yang dikenal sebagai penghasil baja terbesar di Asia Tenggara, ternyata memiliki panorama dan sejuta pesona dari wisatanya. Baik wisata alam maupun buatan, Cilegon menawarkan berbagai destinasi yang masih belum banyak diketahui masyarakat. Dari situs bersejarah, pegunungan, perbukitan, pulau, pantai, hingga spot foto Instagrammable, kota ini memiliki banyak tempat menarik yang layak untuk dijelajahi. Berikut ini adalah ulasan 15 tempat wisata di Cilegon yang wajib Anda kunjungi.

1. Gunung Batur
Gunung Batur adalah salah satu destinasi wisata gunung yang memiliki jalur pendakian dengan fasilitas menarik dan aman. Jalur pendakiannya telah rata dan beraspal, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir saat mendaki. Berjarak hanya 8 km dari pusat kota Cilegon, tepatnya di Desa Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, gunung ini menawarkan pengalaman camping, bermain gantole, hingga jogging di kaki gunung.

2. Gunung Batu Lawang
Gunung Batu Lawang, terletak di daerah Grogol, menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan hamparan hijau bernuansa segar. Dekat dengan pantai, tempat ini menghadirkan atmosfer liburan yang menyenangkan. Lokasinya di Pulomerak.

3. Pantai Pulorida
Pantai Pulorida berlokasi dekat dengan Pelabuhan Merak, hanya sekitar 4 km. Pantai ini terkenal dengan ombak yang tenang, menjadikannya cocok untuk dikunjungi oleh keluarga dan aman untuk anak-anak. Lokasinya di Desa Mekarsari, Kecamatan Pulomerak.

4. Pulau Merak Kecil
Pulau Merak Kecil adalah destinasi populer yang menawarkan pengalaman bersantai sambil menikmati keindahan biota laut dan batu karang melalui snorkeling. Pulau ini berada di Desa Merak Kecil, Mekarsari, Kecamatan Pulomerak.

5. Pantai Kelapa Tujuh
Pantai ini terkenal dengan fasilitas bermain anak dan olahraga air seperti banana boat. Berjarak hanya 9 km dari gerbang tol Jakarta-Merak, Pantai Kelapa Tujuh berlokasi di Suralaya, Kecamatan Pulomerak.

6. Pulau Merak Besar
Pulau Merak Besar, yang terletak di Tamansari, Kecamatan Pulomerak, difungsikan sebagai hutan lindung dengan suasana rimbun dan sejuk. Perjalanan ke pulau ini memakan waktu sekitar 20 menit dari Pulau Merak Kecil.

7. Bukit Batu Gambir
Bukit Batu Gambir, yang terletak di Tamansari, Kecamatan Pulomerak, menawarkan panorama indah dari atas bukit. Meski harus melewati trek terjal, pemandangan dari puncaknya sangat memuaskan.

8. Istana Pasir Temiang
Istana Pasir Temiang, terbuat dari pasir asli dan murni, menjadi ikon viral di media sosial. Berlokasi di Lebak Denok, Kecamatan Citangkil, objek wisata ini sangat cocok untuk konten Instagram dengan harga tiket masuk yang sangat murah, hanya Rp2.000.

9. Cilegon Green Water Park
Water park ini cocok untuk anak-anak dengan konsep back to nature, dikelilingi sawah hijau yang menyejukkan. Berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Cibeber, Cilegon Green Water Park menawarkan liburan keluarga yang menarik.

10. Situ Rawa Arum
Situ Rawa Arum terkenal sebagai tempat foto prewedding dengan suasana unik. Berlokasi di Tegal Wangi, Rawa Arum, Kecamatan Grogol, Anda bisa menikmati pemandangan danau sambil memancing atau bersantai.

11. Krakatau Royal Garden
Krakatau Royal Garden, yang berlokasi di Jalan KH Yasin Beji, Kebon Dalem, Kecamatan Purwakarta, awalnya adalah kawasan outbound yang kini dibuka untuk umum dengan konsep food, leisure, dan education.

12. Bukit Teletubbies Merak
Bukit Teletubbies Merak, yang berlokasi di Suralaya, Kecamatan Pulomerak, terkenal untuk hiking dengan pemandangan indah dan atmosfer petualangan yang ringan.

13. Alun-Alun Kota Cilegon
Alun-Alun Kota Cilegon, yang baru diresmikan pada 2018, menjadi favorit banyak kalangan. Berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Ramanuju, Kecamatan Purwakarta, alun-alun ini gratis dan menawarkan air mancur warna-warni di malam hari.

14. Gunung Pinang
Gunung Pinang, yang terletak di perbatasan antara Kota Serang dan Cilegon, hadir dengan fasilitas instagenik dan cocok untuk keluarga. Lokasinya di Sukadalam, Kecamatan Waringinkurung, Kota Serang.

15. Vila Ternak Cikerai
Vila Ternak Cikerai, berlokasi di Desa Cikerai, Kecamatan Cibeber, menawarkan wisata edukasi dengan perkebunan dan peternakan. Wisatawan bisa membeli produk pertanian dengan harga murah dan menikmati berbagai fasilitas outbound.

Tags

Terkini