Apakah Lokasi Tes CPNS 2024 Bisa Sesuai Domisili? Simak Penjelasan Lengkapnya Agar Tidak Bingung

Minggu, 25 Agustus 2024 | 21:30:35 WIB
Aturan Lokasi SKD CPNS 2024, Simak Info Lengkapnya di Sini. Sumber Foto: kominfo.go.id

RUANGBOGOR.COM - Di masa pendaftaran CPNS 2024 ini, banyak pelamar yang masih bertanya-tanya soal lokasi tes untuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Meskipun waktu seleksi dijadwalkan berlangsung pada 2-8 Oktober 2024, para pelamar sudah mulai mencari informasi mengenai lokasi tes.

Di akun media X @worksfess masih banyak yang bingung soal apakah tes bisa dilakukan di wilayah domisili atau harus menuju ke kota tempat instansi yang dilamar berada.

"Work! klo daftar cpns itu, nanti tes nya di bandung juga? aku domisili makassar soalnya," tulis @woksfess. Jadi si pelamar itu masih bingung memilih instansi yang akan dilamar. Dia berencana untuk mendaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika, akan tetapi penempatannya berbeda.

Yang satu wilayah penempatannya ada di Bandung, kemudian pilihan lainnya ada di Gunung Sitoli, Sumatera Utara. Sontak postingan itu menuai berbagai respons dari netizen. Namun jawaban dari warganet justru simpang siur.

"Setauku nanti bisa milih lokasi test kak," tulis seorang netizen. "Enggak, tesnya di Papua kak," jawab warganet lainnya. "Enggak tesnya sesuai domisili," timpal seorang netizen.

Lalu sebenarnya, bagaimana aturan soal lokasi tes SKD CPNS 2024? Simak info lengkapnya dalam artikel ini. Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengadakan sosialisasi mekanisme pelaksanaan seleksi pengadaan PNS tahun 2024.

Hasilnya ditentukan 36 titik lokasi pelaksanaan tes SKD. Sebanyak 21 titik berada di kantor UPT BKN, kemudian 14 titik di Kantor Regional BKN, dan satu titik di Kantor BKN Pusat.

Berikut rincian ke-36 titik lokasi SKD CPNS 2024:

  1. BKN Pusat: Jakarta
  2. Kantor Regional BKN: Medan, Pekanbaru, Palembang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Banjarmasin, Denpasar, Makassar, Manado, Ambon, Jayapura, Kupang, dan Pontianak.
  3. UPT BKN: Banda Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Serang, Semarang, Palangkaraya, Samarinda, Gorontalo, Kendari, Ternate, Sorong, dan Mataram.
  4. Mandiri BKN: Nabire, Natuna, Merauke, dan Mimika.

Jadi pelamar tinggal menyesuaikan lokasi tes sesuai domisili masing-masing, tidak perlu datang ke lokasi instansi yang dilamar. Kemudian untuk peserta yang berada di Luar Negeri juga akan dilakukan tes mandiri, namun untuk lokasinya tergantung dengan pendaftar dan ketersediaan anggaran.

Sebaiknya pelamar memantau laman resmi dari instansi yang dilamar pada CPNS 2024. Pasalnya sejumlah instansi mengumumkan mengenai ketentuan lokasi tes SKD yang bisa dipilih.

Tags

Terkini