Membubukan e-Meterai yang Benar Dekat Tanda Tangan Atau Sesuai Format Formasi? Simak Penjelasan Lengkapnya

Selasa, 27 Agustus 2024 | 23:52:58 WIB
Cara Membubuhkan e-meterai yang Benar Pada Dokumen CPNS 2024. Sumber Foto: x.com/@worksfess

RUANGBOGOR.COM - Ternyata masih banyak pelamar yang bingung soal cara membubuhkan e-meterai yang benar untuk keperluan pendaftaran CPNS 2024. Agar tidak salah kaprah, simak penjelasan berikut ini.

Ada sejumlah instansi yang mewajibkan pelamar mengunggah dokumen dengan menggunakan e-meterai. Nah, dalam prakteknya, ketika hendak membubuhkan e-meterai ternyata belum banyak yang tahu soal cara yang benar.

Padahal pengetahuan ini penting untuk dimiliki agar pelamar bisa lolos seleksi administrasi dalam CPNS 2024. Salah satu poin yang membingungkan adalah soal posisi materai. Apakah harus dibubuhkan di dekat tanda tangan atau sesuai format formasi?

Pertanyaan tersebut diungkapkan seorang netizen di media sosial X pada hari ini, Selasa 27 Agustus 2024. "Work! Kalau format posisi e-materainya kayak gini gimana ya? Ngikutin format instansinya aja atau pembubuhan e-materainya seperti biasanya yang deket sama tanda tangan? Udah coba contact helpdesknya tapi ga ada balesan," tulis akun @worksfess.

Warganet tersebut juga mengunggah format dokumen yang diberikan oleh instansi tempatnya melamar. Dari dokumen tersebut diketahui bahwa format peletakan e-meterai ada di sebelah pojok kiri bawah.

Padahal biasanya materai selalu ditempelkan di dekat tanda tangan. Lalu bagaimana ketentuan menempelkan e-meterai yang benar agar bisa lolos seleksi administrasi CPNS 2024?

Cara Membubuhkan e-meterai yang Benar

Persiapkan Dokumen

  • Pastikan dokumen yang akan dibubuhkan materai sudah ditandatangani basah jika diperlukan.
  • Scan dokumen tersebut dengan kualitas yang baik.

Upload Dokumen

  • Kembali ke situs materi elektronik, klik tombol "Pembubuhan Dokumen".
  • Pilih dokumen PDF yang telah di-scan. Pastikan dokumen tersebut dalam format PDF versi terbaru (PDF F16 atau lebih tinggi).

Tempatkan Materai

  • Tempelkan materai elektronik di sebelah kiri tanda tangan pada dokumen. Hindari menumpuk materai di atas tanda tangan untuk memastikan dokumen terbaca dengan baik.
  • Sesuaikan posisi materai sesuai contoh yang diberikan di situs.

Konfirmasi dan Upload

  • Klik tombol "Saya Mengerti" untuk melanjutkan.
  • Klik tombol "Upload Dokumen", pilih dokumen PDF yang akan di-upload, dan pastikan materai terpasang dengan benar.
  • Isi informasi tambahan seperti jenis dokumen dan tanggal jika diperlukan. Klik "Lanjutkan" untuk memproses dokumen.

Verifikasi dan Unduh

  • Periksa posisi materai pada dokumen. Jika sudah sesuai, klik "Lanjutkan". Jika belum sesuai, klik "Batal" untuk memperbaiki.
  • Setelah dokumen terproses, statusnya akan berubah menjadi "Download". Klik untuk mengunduh dokumen yang telah dibubuhi materai.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat dengan mudah membeli dan membubuhkan materai elektronik pada dokumen persyaratan CPNS 2024. Pastikan semua langkah dilakukan dengan benar untuk menghindari penolakan dokumen Anda. Semoga sukses dalam proses pendaftaran CPNS dan semoga informasi ini bermanfaat!

Tags

Terkini