Pemkab Garut Buka 200 Formasi CPNS 2024, Fokus pada Tenaga Kesehatan dan Teknis

Kamis, 29 Agustus 2024 | 08:56:27 WIB
Pemkab Garut Buka 200 Formasi CPNS 2024, Fokus pada Tenaga Kesehatan dan Teknis. (Kemenpan RB)

RUANGBOGOR -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut secara resmi membuka 200 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024. Pengumuman ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Garut, Nurdin Yana, yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Seleksi Daerah (Panselda), melalui Surat Pengumuman Nomor: 800.1.2.2/03/PANSELDA/2024 pada Senin (19/8/2024).

Nurdin Yana menjelaskan bahwa pembukaan formasi CPNS ini merupakan hasil dari usulan yang diajukan Pemkab Garut sejak beberapa waktu lalu. Meskipun Pemkab sebelumnya mengusulkan dua kategori penerimaan, yaitu CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), untuk tahun ini seleksi hanya dibuka untuk CPNS.

Dari total 200 formasi, 20 di antaranya dialokasikan untuk tenaga kesehatan, sementara 180 lainnya untuk tenaga teknis. "Persyaratan pendaftaran masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya dan dapat diakses melalui situs resmi BKD Kabupaten Garut atau garutkab.go.id," ujar Nurdin.

Ia juga menambahkan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir terkait persyaratan pendaftaran. "Untuk persyaratan saya kira ini sifatnya umumlah dari tahun ke tahun hal yang sama, tinggal lihat saja di link atau di web BKD atau di web Garutkab, insya Allah di situ juga ada, saya kira seperti biasa," jelasnya.

Seleksi CPNS 2024 akan melalui tiga tahapan utama, yaitu seleksi administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Pendaftaran akan dibuka mulai Selasa, 20 Agustus 2024, dan berakhir pada 6 September 2024.

Proses seleksi akan dilakukan secara transparan dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Hasil tes dapat langsung dilihat oleh peserta setelah tes selesai. "Nilai tes ini bisa dilihat oleh siapapun, sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki. Semua proses ini akan berlangsung transparan," kata Nurdin.

Ia juga mengingatkan peserta untuk secara aktif memantau perkembangan pendaftaran dan hasil seleksi melalui situs resmi. "Hati-hati, check and recheck tiap perkembangan yang ada, sehingga kita bisa melihat sejauh mana posisi kita, lamaran kita diterima atau tidak, dengan melihat di web perkembangannya," tambahnya.

Nurdin berharap seleksi ini mampu menghasilkan CPNS yang tidak hanya memiliki kapasitas pengetahuan yang baik, tetapi juga perilaku serta keterampilan psikomotorik yang memadai. Ia menegaskan pentingnya CPNS sebagai pilar yang mendukung pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Saya kira itu yang kita harapkan, sehingga nanti dia akan menjadi pilar yang akan membantu pemerintah, atau akan menempatkan dirinya sebagai pemerintah yang selalu hadir di tengah-tengah kebutuhan dan keperluan masyarakat," ungkap Nurdin.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai seleksi CPNS 2024, masyarakat dapat mengakses laman resmi BKD Kabupaten Garut di https://bkd.garutkab.go.id atau melalui situs garutkab.go.id.

Tags

Terkini