Berapa Lama CPNS 2024 Akhirnya Lolos Jadi PNS? Ternyata Harus Jalani Beberapa Hal Ini!

Jumat, 30 Agustus 2024 | 09:14:00 WIB
Berapa lama CPNS akhirnya diangkat jadi PNS. (BKN)

RUANGBOGOR.COM - Sebelum ikut seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil 2024 (CPNS), kamu perlu tahu berapa lama masa sebelum akhirnya menjadi PNS ini.

Selama momen prajabatan ini, peserta yang lolos CPNS pun menghadapi berbagai hal yakni mulai dari pendidikan, pelatihan sampai dengan akhirnya penilaian kinerja.

Di momen inilah waktu dimana kamu buktikan kualitas serta kesiapanmu sebagai pegawai pemerintah. Lalu, berapa lama masa prajabatan ini akan berlangsung?

Pasca kamu lolos seleksi CPNS dan resmi menyandang status sebagai CPNS, maka selanjutnya akan hadapi masa prajabatan. Diketahui dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, masa prajabatan ini berlangsung selama satu tahun.

Di momen periode ini, maka CPNS akan jalani pendidikan dan pelatihan (diklat) yang punya tujuan buat membekali pengetahuan, keterampilan, serta sikap yang diperlukan sebagai seorang PNS.

Tak hanya formalitas, namun juga jadi ujian sesungguhnya dimana hanya diberi satu kesempatan untuk mengikuti diklat. Apabila berhasil, maka bisa saja langsung melanjutkan ke tahap selanjutnya dimana merupakan proses pengangkatan menjadi PNS.

Apabila CPNS gagal, maka peluang untuk menjadi PNS bisa saja menjadi gugur di kemudian hari. Tak hanya harus lulus diklat, namun juga harus penuhi syarat kesehatan, jasmani, rohani, lewat surat keterangan dari rumah sakit.


 

Kemudian nantinya akan ada pengucapan sumpah atau janji sebagai PNS berisi tentang komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab jadi abdi negara.(*)

Tags

Terkini