Selamat! KPM yang Dapat Jatah Pencairan Hari Ini Terima 2 Bansos PKH dan BPNT

Kamis, 19 September 2024 | 10:04:34 WIB
Selamat! KPM yang Dapat Jatah Pencairan Hari Ini Terima 2 Bansos PKH dan BPNT. (Pixabay)

RUANGBOGOR -- Kali ini kami akan membagikan informasi terkait pencairan bantuan sosial (Bansos) bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yang dilakukan pada 18 September 2024.

Sesuai dengan informasi yang saya dapatkan, kabar ini berkaitan dengan pembagian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) bagi KPM lama dan baru, termasuk peralihan dari pos ke KKS.

Namun, perlu diingat bahwa informasi ini belum sepenuhnya dikonfirmasi oleh pihak Kementerian Sosial. Jadi, bagi yang mendapatkan kabar tersebut dari media sosial, mohon untuk mengecek kebenarannya lebih lanjut melalui pendamping sosial di wilayah masing-masing.

Kabar terbaru yang beredar menyebutkan bahwa mulai tanggal 23 September 2024 akan dibagikan undangan pengambilan Bansos di berbagai daerah. Namun, sekali lagi, informasi ini masih perlu diverifikasi.

Berdasarkan data yang kami peroleh dari sistem penyaluran sosial, penyaluran bantuan tidak lagi melalui pos, melainkan beralih ke bank seperti Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BSI.

Jadi, untuk KPM yang berada di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar), kemungkinan besar pencairan masih melalui PT Pos Indonesia. Sedangkan untuk daerah lain yang akses banknya lebih mudah, pencairan akan dilakukan melalui KKS.

Selain itu, kami juga mendapati kabar menggembirakan bahwa dua jenis bantuan telah cair secara serempak pada hari ini, yaitu:

1. Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP)

Bantuan ini dicairkan melalui rekening bank, seperti BRI dan BSI, dengan nominal sebesar Rp450.000. Bantuan ini diperuntukkan bagi siswa-siswi yang masuk dalam nominasi penerima PIP tahun 2024 dan sudah mengaktifkan rekening sebelum 30 Juni 2024. Bagi yang mengaktifkan rekening setelah tanggal tersebut, pencairan akan dilakukan pada tahap berikutnya.

2. Bantuan Tambahan Gizi

Bantuan ini dicairkan melalui PT Pos Indonesia, berupa 1 kg daging ayam dan 10 butir telur untuk keluarga rawan stunting (KRS). Namun, bantuan ini masih dalam tahap pencairan alokasi bulan Maret, sementara untuk bulan April hingga Juni akan dicairkan di kemudian hari.

Bagi KPM yang belum mendapatkan jatah pencairan, jangan berkecil hati. Semoga pencairan berikutnya akan segera tiba. Pencairan bantuan sosial membutuhkan proses yang memakan waktu, jadi harap bersabar.

Tags

Terkini