Sabar! 3 Komponen Ini Tidak Akan Terima Bantuan PKH September Oktober 2024

Minggu, 22 September 2024 | 06:03:35 WIB
Sabar! 3 Komponen Ini Tidak Akan Terima Bantuan PKH September Oktober 2024. (Pixabay)

RUANBOGOR -- Artikel ini akan membagikan informasi terbaru mengenai bantuan PKH untuk periode September-Oktober 2024, yang sudah terupdate per tanggal 21 September 2024. Nama-nama KPM yang cair sudah masuk ke data final, dan nominal bantuannya pun sudah dapat dicek.

Namun, ada pengurangan jumlah penerima PKH di periode ini. Untuk informasi lebih lengkap, simak terus videonya, jangan di-skip agar tidak terjadi salah paham.

Beikut informasi tentang bantuan PKH periode September-Oktober 2024. Update terbaru menunjukkan bahwa nama-nama KPM yang cair sudah masuk ke data final, dan nominal bantuan yang diterima juga sudah bisa dicek. Namun, ada beberapa pengurangan jumlah penerima di periode ini.

Sejak 19 September 2024, salur bantuan untuk periode September-Oktober sudah mulai muncul di menu PKH, meskipun nama-nama KPM yang cair belum muncul. Ini menunjukkan bahwa proses penyaluran bantuan oleh Kementerian Sosial telah dimulai.

Pada 20 September, proses ini juga berlanjut, dan hari ini, 21 September, update terbaru memperlihatkan bahwa nama-nama KPM yang akan menerima bantuan sudah masuk ke data final closing.

Nama-nama KPM ini beserta komponen bantuan yang dimiliki, seperti anak sekolah, balita, lansia, dan ibu hamil, sudah tertera di menu PKH.

Namun, ada beberapa desa yang mengalami pengurangan jumlah KPM dibandingkan periode Juli-Agustus 2024. Contohnya, sebuah desa yang sebelumnya memiliki 259 KPM kini berkurang menjadi 251 KPM di periode ini.

Pengurangan ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

1. Anak sekolah SMA sederajat yang sudah lulus atau putus sekolah tidak akan menerima bantuan jika tidak memiliki komponen lainnya.

2. Balita usia di atas 6 tahun yang belum masuk sekolah juga tidak akan menerima bantuan jika tidak memiliki komponen tambahan lainnya.

3. KPM lansia tunggal yang telah meninggal dunia dan sudah terupdate di Dukcapil juga tidak akan menerima bantuan.

Proses verifikasi di menu view DTKS untuk periode September-Oktober masih dalam tahap finalisasi, sementara salur untuk Juli-Agustus sudah selesai. Diharapkan dalam beberapa hari ke depan, proses verifikasi rekening, SPM, SP2D, hingga pencairan bantuan untuk periode September-Oktober dapat segera selesai.

Tags

Terkini