Alhamdulillah! Proses Pencairan BPNT September Oktober Dimulai Per Hari Ini

Senin, 30 September 2024 | 06:54:00 WIB
Proses Pencairan BPNT September Oktober Dimulai Per Hari Ini. (Pixabay)

RUANGBOGOR -- Mulai hari ini, Senin, 30 September 2024, proses pencairan BPNT akan dilaksanakan secara serentak. Hal ini dikarenakan besok merupakan hari efektif kerja setelah beberapa hari libur, termasuk akhir pekan, yang menghambat proses penyaluran bantuan sosial seperti PKH dan BPNT.

Beberapa penerima sudah melaporkan adanya pencairan BPNT, terutama melalui bank BSI di Aceh, dengan nominal Rp400.000 yang ditarik menggunakan KKS BRI dan BNI.

Informasi yang beredar di media online menunjukkan adanya saldo masuk sebesar Rp250.000 dan Rp400.000 pada kartu KKS. Namun, proses pencairan bantuan masih dilakukan secara bertahap, tidak serentak.

Salah satu penerima manfaat, Tina, mengungkapkan harapannya agar bantuan BPNT segera cair. Dia berharap bantuan tersebut bisa meringankan beban hidupnya, termasuk kebutuhan sehari-hari seperti membeli beras, kebutuhan dapur, dan biaya sekolah anaknya yang masih duduk di kelas 9 SMPN.

Sementara itu, aplikasi SiNGji belum menunjukkan perkembangan signifikan dalam proses penyaluran BPNT dan PKH untuk bulan September dan Oktober. Keterangan pada aplikasi tersebut masih di tahap SP2D sudah SPM, namun belum sampai tahap SII, yang berarti pencairan bantuan belum sepenuhnya selesai.

Untuk beberapa daerah, seperti Aceh, sudah ada yang melaporkan penarikan saldo sebesar Rp400.000, namun penyaluran di daerah lain masih menunggu tahapan lanjutan.

Bagi penerima manfaat yang ingin mengecek saldo KKS, disarankan untuk tidak terlalu sering melakukan pengecekan manual di ATM karena bisa merusak kartu KKS yang masih menggunakan pita hitam konvensional.

Sebaiknya gunakan layanan mobile banking seperti BNI Mobile, Livin' by Mandiri, BRImo, atau BSI Mobile untuk mengecek saldo tanpa perlu keluar rumah.

Penerima manfaat BPNT dan PKH yang belum menerima dana sebaiknya bersabar, karena bantuan memang belum cair secara serentak. Biasanya, bantuan baru bisa diambil setelah status SP2D mencapai tahap SII. Jadi, jika saldo belum terlihat ada dana masuk, hal itu masih wajar.

Tags

Terkini