Daftar Bansos yang Cair Bulan Oktober 2024, PKH, BPNT dan Bansos Beras 10 Kg Masih Ada?

Senin, 30 September 2024 | 11:06:02 WIB
Daftar Bansos yang Cair Bulan Oktober 2024, PKH, BPNT dan Bansos Beras 10 Kg Masih Ada?

RUANGBOGOR.COM – Hari ini, 29 September 2024, menjadi hari terakhir bulan ini. Seiring dengan itu, para penerima bantuan PKH dan BPNT menanti kabar pencairan untuk periode September. Namun, hingga saat ini, status bantuan di SIKS-NG masih menunjukkan SPM (Surat Perintah Membayar) dan belum SII (Surat Perintah Pencairan). Ini menunjukkan bahwa kemungkinan besar pencairan bantuan PKH dan BPNT akan dilakukan pada bulan Oktober.

Bagi keluarga penerima manfaat yang berharap bantuan cair di akhir bulan ini, diharapkan tidak kecewa. Pencairan tetap akan dilakukan, namun dijadwalkan pada bulan depan. Ini berarti bantuan yang dinantikan tidak akan tersedia di akhir September, melainkan akan masuk dalam alokasi bulan Oktober.

Bantuan yang Akan Cair di Bulan Oktober

1. Bantuan Pangan Beras 10 kg: Diperkirakan akan dicairkan pada bulan Oktober, meskipun waktu pencairan dapat bervariasi antar daerah. Proses distribusi juga dipengaruhi oleh faktor geografis dan keterlambatan yang mungkin terjadi.

2. Bantuan PKH dan BPNT: Untuk alokasi bulan September dan Oktober, status di SIKS-NG menunjukkan bahwa bantuan ini akan cair dalam 7 hingga 14 hari ke depan. Diperkirakan pencairan mencapai 80% hingga 100% kemungkinan terjadi di bulan Oktober.

3. Bantuan BPNT untuk Peralihan Kartu KKS: Pencairan bantuan ini masih tertunda, dengan sebagian kecil KPM sudah mendapatkan kartu KKS baru tetapi belum bisa mencairkan dana.

4. Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP): Ditujukan bagi siswa-siswi yang telah melakukan aktivasi rekening simpel. Bagi mereka yang belum melakukan aktivasi sebelum 30 Juni, pencairan kemungkinan akan terjadi antara Oktober hingga Desember.

5. Bantuan Keluarga Rawan Stunting: Sebanyak 1,4 juta penerima akan mendapatkan tambahan gizi hingga tahap yang keenam. Proses pencairan bervariasi berdasarkan daerah.

6. Bantuan untuk Yatim Piatu dan BLT Dana Desa: Bantuan ini juga akan dilanjutkan, dengan proses pencairan yang terus berlanjut.

Hingga saat ini, status pencairan PKH dan BPNT untuk periode September dan Oktober masih berada di tahap SPM. Proses verifikasi dan cek rekening masih berjalan, dan sebagian besar KPM yang beralih dari PT Pos ke kartu KKS baru belum menerima buku rekeningnya.

Semoga para penerima manfaat tetap sabar, dan doa agar bantuan segera cair dapat terwujud. Informasi lebih lanjut akan terus diperbarui untuk memastikan semua keluarga penerima manfaat mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan.

Tags

Terkini