Buat yang Kepo Aja! Begini Status Terbaru BPNT PKH Peralihan dari PT Pos Indonesia ke KKS

Rabu, 02 Oktober 2024 | 05:29:28 WIB
Buat yang Kepo Aja! Begini Status Terbaru BPNT PKH Peralihan dari PT Pos Indonesia ke KKS. (Pixabay)

RUANGBBOGOR -- Ada update terkini terkait bantuan PKH dan BPNT, khususnya mengenai peralihan dari POS ke kartu KKS pada tanggal 1 Oktober 2024.

Banyak yang bertanya kapan kartu KKS baru akan dibagikan untuk bantuan BPNT dan PKH periode September-Oktober 2024, yang saat ini sudah menuju tahap SP2D dan SII. Beberapa wilayah masih menunggu pencairan bantuan yang sebelumnya dicairkan lewat POS pada tahap kedua (April-Mei-Juni), namun belum ada pencairan lanjutan hingga saat ini.

Melalui artikel ini, kami ingin mengabarkan kondisi terkini terkait peralihan POS ke kartu KKS. Dalam menu View DTKS di akun SNJ pendamping sosial, bantuan BPNT peralihan POS ke KKS sudah terupdate untuk dua bulan (Juli-Agustus 2024). Sementara itu, bantuan PKH terupdate untuk tiga bulan (Juli-September 2024).

Pada tahap berikutnya, penyalur bantuan bukan lagi POS, melainkan bank seperti Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BSI (khusus Provinsi Aceh). Meskipun sebagian kecil KPM telah menerima buku tabungan dan kartu KKS, mayoritas KPM masih dalam proses 'burekol' yang memerlukan waktu lebih lama.

Saat ini, proses pencairan bantuan masih berlangsung, dan sistem SNJ sedang dalam perbaikan, sehingga saya belum bisa memberikan update lebih lanjut. Namun, terakhir kali saya mengecek, KPM peralihan POS ke kartu KKS masih dalam proses 'burekol'. Bagi keluarga penerima manfaat (KPM), saya sarankan untuk tetap bersabar dan berdoa agar proses ini berjalan lancar.

Mekanisme pembagian kartu KKS nantinya mirip dengan penyaluran pada tahun 2017, di mana KPM akan dikumpulkan di titik komunitas seperti kantor desa atau kecamatan untuk mendapatkan buku tabungan dan kartu KKS setelah membawa dokumen yang diperlukan (fotokopi KTP, KK, dan formulir pembukaan rekening). Proses ini membutuhkan verifikasi, sehingga bantuan tidak langsung cair setelah kartu dibagikan.

Bagi KPM BPNT dan PKH periode September-Oktober 2024, beberapa bank seperti BSI telah mulai mencairkan bantuan. Namun, berdasarkan pantauan saya, belum ada bukti penarikan yang cukup kuat, sehingga saya masih ragu apakah bantuan tersebut sudah cair secara menyeluruh. Prosesnya masih menuju SP2D dan SII sebelum dana benar-benar cair.

Selain itu, ada satu jenis bantuan yang sudah terkonfirmasi jadwal pencairannya pada awal Oktober, yaitu bantuan Keluarga Rawan Stunting (KRS). Bantuan ini berupa tambahan gizi berupa daging ayam dan telur, yang akan mulai dibagikan pada tahap kelima di beberapa wilayah.

Tags

Terkini