Alhamdulillah Mulai Cair Merata, Bantuan PKH dari yang Rp150 Sampai Rp800 Ribu

Minggu, 06 Oktober 2024 | 10:50:50 WIB
Alhamdulillah Mulai Cair Merata, Bantuan PKH dari yang Rp150 Sampai Rp800 Ribu. (Pixabay)

RUANGBOGOR -- Ada kabar gembira yang sudah dinantikan oleh keluarga penerima manfaat (KPM) dari bantuan sosial. Setelah menunggu beberapa waktu, akhirnya mulai tanggal 4 Oktober 2024, pencairan saldo Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) untuk bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) periode September-Oktober 2024 sudah mulai masuk ke rekening KPM secara bertahap.

Artikel ini akan merangkum informasi penyaluran saldo dari Bank BNI, BRI, dan Mandiri. Pertama, mari kita mulai dengan Bank BNI. 

Pada pengecekan saldo via aplikasi Mobile Banking tanggal 5 Oktober 2024 dini hari, ditemukan bahwa beberapa kartu masih belum terisi saldo, seperti kartu BPNT PK terbitan 2020 dan kartu PKH untuk balita.

Namun, ada juga yang sudah terisi, seperti saldo untuk PKH BPNT Lansia terbitan 2018 sebesar Rp400.000, dan PKH BPNT anak SD 2020 sebesar Rp150.000.

Untuk Bank BNI, meskipun belum sepenuhnya terlihat adanya pencairan saldo melalui pengecekan Mobile Banking atau mesin EDC, ini tidak berarti transfer dari Bank BNI belum dilakukan. Pencairan saldo bersifat bertahap dan dapat dicek melalui berbagai saluran seperti ATM, agen bank, atau aplikasi Mobile Banking.

Berita baik juga datang dari Bank BRI dan Mandiri. Sejak tanggal 3 Oktober 2024, saldo bantuan PKH sudah mulai dicairkan di kedua bank tersebut. Nominal yang diterima KPM bervariasi, sesuai dengan komponen yang ada dalam Kartu Keluarga mereka.

Misalnya, beberapa KPM melaporkan menerima saldo sebesar Rp150.000 untuk komponen pendidikan SD, Rp400.000 untuk komponen lansia, dan ada yang menerima Rp800.000 untuk dua orang lansia.

Untuk teman-teman KPM yang ingin mengecek saldo KKS, ada beberapa hal yang perlu diingat agar kartu tetap aman:

1. Cek saldo secara berkala, namun jangan terlalu sering untuk menghindari risiko kartu tertelan atau rusak. Sebaiknya cek saldo di pagi hari, dan jika saldo belum ada, coba cek lagi di hari berikutnya.

2. Manfaatkan layanan Mobile Banking untuk mempermudah pengecekan. Pengguna KKS dari Bank Mandiri bisa menggunakan aplikasi Livin’ by Mandiri, pengguna Bank BRI menggunakan aplikasi BRImo, dan pengguna Bank BNI menggunakan BNI Mobile Banking.

Kami juga mendapatkan bukti pencairan dari beberapa KPM. Contohnya, KPM dari Bank Mandiri melaporkan bahwa bantuan PKH sudah cair dengan jumlah variatif, mulai dari Rp150.000 untuk komponen SD hingga Rp800.000 untuk dua orang lansia.

Bagi teman-teman yang sudah mendapatkan saldo, disarankan untuk segera mencairkannya jika memungkinkan. Namun, jika tidak bisa mencairkan seluruhnya, biarkan sisa saldo kecil di rekening sesuai dengan batas penarikan ATM. Jika menggunakan agen bank, pastikan memilih agen yang mematok biaya admin terkecil.

Bagi yang saldonya belum masuk, tetap tenang dan jangan khawatir. Proses pencairan dilakukan secara bertahap dan mungkin akan masuk dalam beberapa hari ke depan. Jika belum cair, pastikan untuk mengecek status melalui saluran resmi seperti aplikasi cek Bansos atau langsung menanyakan ke pendamping sosial masing-masing.

Tags

Terkini