4 Info Penting Bantuan Sosial Hari Ini, PKH POS ke KKS Cair Segera

Selasa, 15 Oktober 2024 | 07:25:26 WIB
4 Info Penting Bantuan Sosial Hari Ini, PKH POS ke KKS Cair Segera. (Pixabay)

RUANGBOGOR -- Ada empat bantuan sosial yang akan dicairkan mulai besok dan beberapa hari ke depan. Informasi ini mencakup bantuan subsidi pendidikan hingga bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) yang mengalami peralihan dari POS ke Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

1. Bantuan Subsidi Pendidikan (PIP)

Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dengan nominal mulai dari Rp450.000 hingga Rp1,8 juta telah mulai dicairkan sejak 8 Oktober 2024. Bantuan ini diperuntukkan bagi siswa yang masuk dalam SK nominasi penerima PIP tahun 2024, serta telah melakukan aktivasi rekening simpel setelah 30 Juni 2024.

Saldo bantuan akan masuk ke rekening, sesuai jenjang pendidikan, yaitu Bank BRI untuk jenjang SD/SMP sederajat, Bank BNI untuk SMA/SMK sederajat, dan Bank BSI khusus Provinsi Aceh.

2. Bantuan Pangan (Beras 10 kg)

Bantuan pangan berupa beras 10 kg untuk alokasi bulan Oktober 2024 juga sedang berjalan. Bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar dalam data miskin ekstrem dan sudah mendapatkan undangan dari PT Pos Indonesia, dapat mengambil bantuan sesuai jadwal.

Jadwal pencairan berbeda-beda di tiap daerah, namun alokasi terakhir untuk bulan November-Desember akan dicairkan pada bulan Desember 2024.

3. Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)

BPNT untuk dua bulan (September-Oktober 2024) masih terpantau cair hingga 14 Oktober 2024, terutama bagi penerima yang sudah terdaftar di Bank BNI. Bagi KPM yang belum menerima bantuan, harap bersabar dan berdoa agar pencairan segera dilakukan.

4. Bantuan PKH Peralihan dari POS ke KKS

Sebagian KPM PKH yang mengalami peralihan dari POS ke KKS telah menerima bantuan. Di Provinsi Aceh, bantuan senilai Rp975.000 telah cair melalui Bank BSI. Sementara itu, KPM di Provinsi Bengkulu dan Lampung juga telah menerima surat undangan untuk pengambilan Kartu KKS. Bagi yang belum menerima, harap bersabar menunggu informasi lebih lanjut dari bank dan pihak desa.

Itulah empat informasi penting terkait pencairan bantuan sosial. Semoga bermanfaat dan membantu KPM yang belum menerima bantuan agar segera dapat mencairkannya.

Tags

Terkini