6 Bansos Langsung Cair Setelah Pelantikan Presiden Prabowo

Jumat, 18 Oktober 2024 | 16:14:05 WIB
6 Bansos Langsung Cair Setelah Pelantikan Presiden Prabowo. (Pixabay)

RUANGBOGOR -- Setelah pelantikan presiden terpilih, Prabowo Subianto, pada tanggal 20 Oktober 2024, akan ada pencairan enam bantuan sosial hingga 30 Oktober 2024.

Bantuan tersebut termasuk Program Keluarga Harapan (PKH), BPNT melalui kartu KKS, dan penyaluran melalui PT Pos. Berikut informasi lengkap mengenai bantuan-bantuan yang akan disalurkan:

1. Bantuan Beras 10 Kg

Program bantuan beras 10 kg akan terus berlanjut, sebagaimana diusulkan oleh Presiden Jokowi agar Prabowo Subianto melanjutkan program ini setelah dilantik.

Jokowi menyampaikan hal ini saat melakukan peninjauan cadangan pangan pemerintah di Kompleks Pergudangan Bulog, Sumba Barat Daya, NTT. Bantuan beras untuk bulan Oktober 2024 akan disalurkan hingga akhir bulan.

2. Bantuan Daging Ayam dan Telur

Bantuan pangan berupa daging ayam dan telur yang diinisiasi oleh Badan Pangan Nasional juga akan terus disalurkan oleh PT Pos Indonesia kepada 1,5 juta keluarga rawan stunting. Bantuan ini bertujuan meningkatkan asupan protein guna mencegah stunting.

3. Bantuan PKH

Program Keluarga Harapan (PKH) melalui kartu KKS tetap dilanjutkan, sehingga penerima tidak perlu khawatir. Program ini diakui keberhasilannya dalam mengurangi angka kemiskinan di Indonesia dan akan terus diperbarui serta ditingkatkan.

4. Program Sembako (BPNT)

Program sembako atau BPNT untuk 18,8 juta KPM masih terus berjalan. Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, sejumlah program perlindungan sosial era Presiden Jokowi, termasuk kartu sembako, akan dilanjutkan oleh Prabowo Subianto. Anggaran perlinsos untuk tahun depan telah ditetapkan sebesar Rp4,7 triliun.

5. Program Indonesia Pintar (PIP)

Pencairan Program Indonesia Pintar (PIP) untuk siswa SD, SMP, dan SMA masuk termin ketiga pada bulan Oktober 2024. Para siswa diminta untuk mengecek rekening masing-masing untuk melihat dana yang telah dikirim. Program ini bertujuan memperluas akses pendidikan bagi siswa dari keluarga miskin.

6. BLT Dana Desa

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa akan terus disalurkan hingga Desember 2024. Setiap KPM menerima bantuan sebesar Rp300.000. Program ini diharapkan dapat membantu masyarakat desa dalam menghadapi tantangan ekonomi.

Adapun untuk program makan siang bergizi gratis belum direalisasikan pada Oktober 2024. Program tersebut baru akan dilaksanakan mulai tahun 2025 dan dianggarkan dalam APBN 2025.

Pemerintah telah menyepakati sejumlah program bantuan sosial yang akan dilanjutkan oleh pemerintahan Prabowo Subianto, termasuk PKH, kartu sembako, dan PBI jaminan kesehatan. Selain itu, upaya peningkatan efektivitas bantuan sosial melalui perbaikan pensasaran akan terus dilanjutkan dengan menggunakan data DTKS dan Reksosek.

Tags

Terkini