Mantap Wisata Air Katumpa Bogor Sudah Beroperasi Lagi, Seru Nih!

Rabu, 15 November 2023 | 16:34:08 WIB
Mantap Wisata Air Katumpa Bogor Sudah Beroperasi Lagi (pemkot bogor)

RUANGBOGOR.COM – Kabar baik untuk warga Kota Bogor karena objek wisata air yang beralamat di Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor telah dibuka kembali setelah sempat terhenti karena pandemi Covid-19

Diketahui objek wisata air di Katulampa Bogor ini sudah ada sejak tahun 2017 yang masuk ke dalam wahana wisata di kawasan Kampung Warna-warni Katulampa.

Kampung warna-warni Kota Bogor ini diketahui diinisiasi oleh Gemarsawi atau Gerakan Masyarakat Sadar Wilayah dan pernah meraih juara di tingkat Provinsi Jawa Barat.

Dalam perjalanannya aktivitas wisata air di Katulampa Bogor sempoat terhenti termasuk wahana ngalun di RT 4 RW 9, Kelurahan Katulampa yang juga terhenti karena adanya pandemi Covid-19.

Disebutkan bahwa dulunnya wahana ngalun di Bogor ini sempat berhenti dan tidak jalan dan tidak ada pengelolaanya. Ini jadi baru mulai lagi berjalan lima bulan bersama swadaya masyarakat karena kami ingin ada kemandirian kita mampu kita bis  kita kompak kita guyub," ungkap Ketua Koordinator Wahana Ngalun, Komarudin atau yang akrab disapa Komeng.

"Alhamdulillah ada banyak hal yang akan kami bangun, tidak ada jalan kami buat yang tadinya batu sekarang dari tembok, kami buat bronjong dan sebagainya. Kami sewa lahan untuk satu tahun ke depan dan ada camping ground di lahan 1.000 meter. Dengan demian kita bisa bangun kemandirian di Katulampa dengan terus berinovasi, sinergi dan kolaborasi," katanya.

Setelah kembali beroperasi Wahana ngalun kini mendapat bantuan CSR dari PT Astra International Tbk - Daihatsu Sales Operation (Astra Daihatsu) melalui program Kampung Wisata Binaan ASTRA DAIHATSU yang memberikan bantuan perbaikan di lokasi Ngalun.

Dengan diaktifkannya kembali wahana ngalun maka UMKM yang dulu tidak berjalan sekarang berjalan bahkan bermunculan UMKM baru.

Sementara itu Sekretaris daerah Kota Bogor, Syarifah Sofiah menuturkan potensi wilayah tidak akan berkembang jika tidak ada unsur penggeraknya.

Dikatakan oleh Sekda bahwa keberadaan wahana ngalun ini adalah bottom up sehingga ketika ada upaya  keinginan dan motivasi dari masyarakatnya maka daerahnya akan maju dan berkembang. "Kolaborasi kerja sama itu mutlak harus dilakukan. Sehingga kegiatan ini tidak bisa dilakukan dengan hanya sendiri," ujar Syarifah.

Pengembangan wisata di Kota Bogor melalui potensi lokal diyakini juga akan membawa perubahan pada lingkungan.

Menurut Syarifah wilayah Kota Bogor yang memanfaatkan wisata sebagai potensi tidak akan membiarkan lingkungannya kotor, sehingga secara perlahan kesadaran itu tumbuh dan kebersihan bisa terus dijaga.

Dia menambahkan bahwa CSR dari Astra Daihatsu juga pas, ini ada gerobak sampah, pencacah pupuk, jadi sesuai untuk tempatnya sebagai wahana air. Jadi lingkungannya bersih sampah jika dikelola,

Management In Charge CSR Astra Daihatsu, Fennisia Le mengatakan dalam CSR dengan program kampung binaan ini pihaknya memberikan pemberdayaan masyarakat di bidang pendidikan, kewirausahaan, kesehatan dan pengelolaan lingkungan.

Adapun realisasi kampung binaan di Kota Bogor seperti wahana ngalun ini akan menyelesaikan permasalahan sosial. Pemritah Kota Bogor juga akan mempertimbangkan komitmen dan keseriusan masyarakat dalam melaksanakan program CSR.

Ia berharap kolaborasi yang telah dibangun dan dijalin ini bisa terus berkelanjutan yang bisa fokus terhadap pendidikan, kesehatan, lingkungan

Tags

Terkini