Usai Lukai Aparat Kemanan, 5 Dalang Kericuhan di Ciawi Diamankan Polisi

Rabu, 22 November 2023 | 10:18:24 WIB
Ilustrasi -- Usai Lukai Aparat Kemanan, 5 Dalang Kericuhan di Ciawi Diamankan Polisi. (Pixabay)

RUANGBOGOR.COM -- Lima orang yang diduga menjadi dalang dalam kericuhan antara Satpol PP Kabupaten Bogor dan organisasi masyarakat (ormas) di Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, akhirnya ditangkap Polres Bogor.

Keributan terjadi saat pembongkaran bangunan liar. Akibat kericuhan yang tidak terkendali, anggota Satpol PP dan Polres Bogor terluka.

Menurut Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro, keributan dimulai saat salah satu ormas melempar batu pertama kali kepada petugas. Karena hal tersebut anggota mengalami luka di bagian kepala.

“Yang diamankam sementara lima orang penanggung jawab, provokator. Namun kita dalami pemeriksaan nantu kita tetapkan status hukumnya kemudian,” kata Rio dilansir dari Republika.co.id pada Rabu, 22 November 2023.

Saat ini polisi tengah mendalami pasal yang akan ditetapkan kepada dalang kericuhan tersebut. Di sisi lain, Satpol PP juga masih mendata kemungkinan adanya anggota lain yang terluka.

Kronologi Keributan

Sebelumnya, Satpol PP Kabupaten Bogor dan petugas gabungan membongkar puluhan bangunan tanpa izin di lahan milik pemerintah di sekitar Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.

Namun pembongkaran tersebut berujung ricuh. Akibatnya anggota Satpol PP Kabupaten Bogor dan Polres Bogor mengalami luka dan harus mendapatkan jahitan di kepala.

Halaman :

Tags

Terkini