10 Kota di Indonesia yang Paling Sering Turun Hujan, Tinggal di Sini Nggak Bakal Kekeringan!

10 Kota di Indonesia yang Paling Sering Turun Hujan, Tinggal di Sini Nggak Bakal Kekeringan!
10 Kota di Indonesia yang Paling Sering Turun Hujan, Tinggal di Sini Nggak Bakal Kekeringan (ilustrasi/ unplash)

RUANGBOGOR – Hujan dianggap sebagai anugerah dari Allah SWT bagi seluruh makhluk di bumi, termasuk di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, ada beberapa wilayah yang dikenal memiliki curah hujan tinggi, berbeda dengan daerah-daerah lainnya. Berikut adalah 10 kota di Indonesia yang mempunyai curah hujan tertinggi:

Bogor, Jawa Barat
Kota Bogor dikenal sebagai "kota hujan" karena curah hujannya yang tinggi sepanjang tahun. Lokasinya yang berada di dataran tinggi dengan iklim tropis menyebabkan cuaca lembab dan sering turun hujan.

Padang, Sumatera Barat
Padang memiliki curah hujan tinggi karena terletak di tepi laut dengan dominasi iklim tropis basah. Hujan lebat sering terjadi terutama selama musim penghujan.

Bukittinggi, Sumatera Barat
Bukittinggi terletak di dataran tinggi yang mendapatkan curah hujan cukup tinggi sepanjang tahun, menjadikannya salah satu kota dengan curah hujan tinggi di Indonesia.

Pekanbaru, Riau
Pekanbaru memiliki curah hujan tinggi karena berada di wilayah yang didominasi oleh hutan hujan tropis dan iklim tropis basah. Intensitas hujan di sini cukup tinggi.

Palembang, Sumatera Selatan
Palembang memiliki curah hujan tinggi karena berada di daerah pesisir dengan iklim tropis basah, yang membuatnya masuk dalam daftar kota dengan curah hujan tinggi di Indonesia.

Jambi
Jambi memiliki curah hujan tinggi karena lokasinya di dataran rendah yang dikelilingi oleh hutan hujan tropis. Selama musim penghujan, intensitas hujan di Jambi cukup tinggi.

Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Banjarmasin memiliki curah hujan tinggi karena berada di dataran rendah yang didominasi oleh hutan hujan tropis dan memiliki iklim tropis basah. Hujan sering terjadi dengan intensitas tinggi.

Makassar, Sulawesi Selatan
Makassar memiliki curah hujan tinggi karena lokasinya di tepi pantai dengan iklim tropis basah. Hujan sering turun terutama selama musim hujan.

Manado, Sulawesi Utara
Manado memiliki curah hujan tinggi karena lokasinya yang berada di pesisir dan dikelilingi oleh perairan laut hangat. Hal ini mempengaruhi pembentukan awan dan hujan di daerah tersebut.

Ambon, Maluku
Ambon memiliki curah hujan tinggi karena berada di wilayah pesisir dengan iklim tropis basah, menjadikannya salah satu kota dengan curah hujan tinggi di Indonesia.

Curah hujan tinggi di beberapa kota ini dipengaruhi oleh lokasi geografisnya yang mendukung pembentukan awan hujan dan iklim tropis yang basah. Fenomena ini tidak hanya mempengaruhi cuaca setempat, tetapi juga kehidupan sehari-hari masyarakat di daerah tersebut.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index