Wisatawan Harus Tahu! Ini 5 Kuliner Temanggung yang Legendaris dan Murah Meriah

Kamis, 11 Juli 2024 | 18:25:59 WIB
Daun Mas Resto, Salah Satu Kuliner Legendaris di Temanggung yang Wajib Dikunjungi. Sumber Foto: Instagram.com/@indraloka.daunmas

RUANGBOGOR.COM - Temanggung menjadi wilayah yang sering jadi tujuan wisata kuliner di Jawa Tengah. Ada berbagai makanan legendaris yang bisa dicoba. Harganya juga meriah meriah, jadi sangat worth it untuk dicicipi.

Kabupaten Temanggung terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, dan berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lainnya, seperti Kabupaten Magelang, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Purworejo, dan Kabupaten Semarang.

Tidak heran jika banyak orang suka wisata kuliner di Temanggung. Menariknya, wilayah ini memiliki sejumlah kuliner legendaris yang sudah eksis sejak ratusan tahun yang lalu.

1. Warung Jadoel Temanggung

Warung Jadoel Temanggung, sebuah tempat kuliner legendaris di Temanggung, Jawa Tengah, telah berdiri selama lebih dari 200 tahun. Terletak di Jalan Jenderal Sudirman 102, warung ini dikelola oleh generasi ketiga dari pendirinya.

Meskipun tidak terlalu luas, warung ini terkenal dengan suasana vintage yang nyaman dan ramai pengunjung, meskipun buka 24 jam. Menu makanannya beragam, mulai dari masakan rumahan seperti soto, brongkos, hingga dessert seperti klepon dan onde-onde, dengan harga terjangkau mulai dari Rp10 ribuan.

Kombinasi antara rasa makanan yang lezat, pelayanan ramah, serta kesan historisnya menjadikan Warung Jadoel Temanggung favorit banyak orang, termasuk beberapa selebriti yang pernah berkunjung seperti Tamara Bleszynski.

2. Daun Mas Resto

Lokasinya ada di Jalan Suwandi Suwardi nomer 3, Kowangan, Temanggung. Tempat kuliner ini sangat luas, cocok dikunjungi bersama keluarga. Daun Mas Resto menyajikan menu makanan nusantara mulai dari gurame, bandeng dabu-dabu, ayam goreng kremes, pindang ikan, sate kambing, dan masih banyak lagi.

3. Warung Makan Bu Carik

Lokasinya ada di Jalan Raya Wonosobo No.224, Jetis Kidul, Parakan Kauman, Kec. Parakan, Kabupaten Temanggung. Sama seperti Waroeng Jadoel, Warung Makan Bu Carik juga masuk dalam daftar kuliner legendaris di wilayah ini.

Tempat kuliner yang sudah berdiri sejak tahun 1990 an ini menyajikan berbagai menu rumahan seperti brongkos pecel, empay, pecel telur, soto daging, nasi rames, paru goreng, serta aneka minuman.

Harganya murah meriah mulai Rp10 ribuan saja. Pengunjung juga bisa menimati aneka jajanan tradisional seperti onde-onde, arumanis, wajik klethik, dll. Warung Makan Bu Carik buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.

4. Warung Makan Mbak Nok

Lokasinya ada di Jalan Tembarak No. 16, Nolobangsan Barat, Kecamatan Tembarak. Tempat kuliner ini memiliki menu andalan brongkos kepala kambing. Harganya mulai dari Rp50 ribu hingga Rp75 ribu.

Meskipun memakai daging kambing, masakan ini tidak terasa amis karena dimasak dengan berbagai rempah-rempah. Warung Makan Mbak Nok sudah eksis sejak 1987 dan menjadi langganan para pejabat di Temanggung. Satu porsi brongos kepala kambing bisa disantap untuk dua sampai tiga orang.

5. Ayam Bakar Pak Joedag

Lokasinya ada di Jalan Jenderal Sudirman No.174, Rejosari, Kowangan, Kec. Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Bumbunya meresap sampai ke dalam daging. Satu porsi ayam bakar dibandrol dengan harga Rp12.000. Selain ayam bakar, tempat kuliner ini juga menyajikan ayam kremes. Ayam Bakar Pak Joedag buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 20.30 WIB.

Demikian lima rekomendasi kuliner legendaris di Temanggung. Adakah yang ingin kamu coba?

Tags

Terkini