10 Rekomendasi Tempat Ngopi Hits di Jogja yang Bikin Betah

Minggu, 22 September 2024 | 07:44:50 WIB
10 Rekomendasi Tempat Ngopi Hits di Jogja yang Bikin Betah. (GMAPS Jiwa Jiwi)

RUANGBOGOR -- Jogja, selain terkenal dengan kulinernya yang lezat dan terjangkau, juga punya banyak tempat ngopi yang nyaman. Baik untuk kamu yang sedang tinggal di Jogja maupun yang sedang liburan, berikut 10 rekomendasi tempat ngopi di Jogja yang lagi hits dan bisa bikin kamu betah!

1. Filosofi Kopi

Terinspirasi dari film Filosofi Kopi, kedai kopi ini memiliki bangunan joglo khas Jawa yang menambah suasana pedesaan. Beberapa menu kopi yang bisa dicoba antara lain Classic Affogato, Vietnam Drip, dan Espresso. Untuk cemilan, tersedia waffle, pancake, churros, hingga lumpia.  

2. Awan Bengi Kopi

Awan Bengi Kopi menawarkan suasana khas Yogyakarta dengan bangunan rumah tradisional dan taman kecil di sekitarnya. Selain kopi, tersedia menu makanan seperti nasi telur, nasi ayam goreng sambal, hingga nasi goreng kampung. Minuman lainnya ada Hani Latte, kopi susu, es teh, dan es krim.  

3. Cerita Kopi Mukidi

Berada di halaman homestay dengan nuansa khas Jogja, Cerita Kopi Mukidi memberikan suasana ngopi seperti di rumah sendiri. Menu andalan di sini adalah S-Kopi Santui, yaitu espresso dingin yang dicampur dengan santan. Ada juga es kopi susu gula aren dan Hydro Kopi. Untuk makanan, ada nasi sambal teri, mie goreng telur, dan tahu cabai garam.  

4. Jiwajawi

Bagi kamu yang suka ngopi dengan suasana tenang dan jauh dari keramaian, Jiwajawi adalah tempat yang wajib dikunjungi. Berada di tengah hutan yang sejuk, menu andalannya adalah Blackstrap Molasses (doppio, rum, susu), serta Coffee Beer, wedang uwuh, kombucha, dan lain-lain. Makanan yang tersedia termasuk iga bumbu rujak, nasi campur vegan, dan asem-asem iga.  

5. Kopi Kong Djie

Walaupun terletak di tengah kota Jogja, kedai kopi ini tidak terasa panas karena berada di hutan mini yang rindang. Menu andalan mereka adalah Jawa Kafein, campuran espresso, trimer, dan gula aren. Tersedia juga kopi hitam, cong macalate, dan Virgin Mojito. Untuk makanan, ada spaghetti, Japanese chicken curry, dan aneka camilan lainnya.  

6. Iba Coffee

Meski lokasinya agak tersembunyi, Iba Coffee tetap ramai dikunjungi karena suasananya yang cozy. Tempat ini penuh dengan alat seduh kopi yang dijual. Menu minumannya antara lain Americano, *Japanese Ice Coffee*, latte, serta varian non-kopi seperti krim red velvet, coklat, dan matcha.  

7. Sparga Flora Kopi

Sparga Flora Kopi mengusung konsep tempat ngopi di hutan dalam kota. Kamu akan merasakan kesejukan sambil menikmati kopi di bawah rindangnya pepohonan. Menu makanan yang tersedia termasuk nasi cumi pedas, capcay, dan nasi ayam crispy sambal matah. Untuk minuman, ada espresso, Single Banana Coffee, serta olahan coklat dan susu.

8. Unik Ologi Kopi

Dikenal dengan desain interior berwarna pastel yang instagenic, Unik Ologi Kopi sering dijadikan tempat untuk berfoto. Menu kopi andalannya adalah kopi unik dengan campuran kopi dan gula aren. Ada juga Kopi Mantan, Pintu Girl, serta berbagai macam mojito. Untuk makanan, tersedia nasi goreng teri, kulit ayam, dan spaghetti carbonara.  

9. Hadiah Kopi

Mengusung konsep ala Jepang, Hadiah Kopi berada di sebelah barat Jalan Malioboro. Kedai ini memiliki desain minimalis dengan dominasi warna coklat dan putih, menciptakan suasana seperti di Jepang. Menu kopinya antara lain kopi bir, Kahlua, dan Caramel Macchiato. Ada juga susu coklat, matcha, dan Lemongrass Tea. Untuk makanan, tersedia sandwich, kentang goreng, dan Cebol Ayam.  

10. Always Cafe

Berada di tepi sawah, Always Cafe menawarkan suasana ngopi yang menenangkan. Tempat ini memiliki area outdoor dengan bean bag yang menghadap langsung ke sawah. Menu kopi yang ditawarkan termasuk espresso, americano, Café Latte, dan Vietnam Drip. Untuk yang tidak suka kopi, tersedia juga coklat, Choco Caramel, dan red velvet. Camilannya termasuk kentang, pisang, dan singkong.  
  
Itulah 10 rekomendasi tempat ngopi di Jogja yang bisa kamu kunjungi. Apabila kamu punya rekomendasi tempat ngopi hits lainnya di Jogja, tulis di kolom komentar!

Tags

Terkini