Wisata Bogor

Mau Wisata Edukasi ke Kebun Raya Cibodas Puncak? Ketahui Jadwal Buka Sampai Harga Tiketnya di Sini

Mau Wisata Edukasi ke Kebun Raya Cibodas Puncak? Ketahui Jadwal Buka Sampai Harga Tiketnya di Sini
Mau Wisata Edukasi ke Kebun Raya Cibodas Puncak? Ketahui Jadwal Buka Sampai Harga Tiketnya di Sini. (Kebun Raya Cibodas)

RUANGBOGOR -- Kebun Raya Cibodas didirikan pada tanggal 11 April 1852 oleh Johannes Ellias Teijsmann yang merupakan kurator Kebun Raya Bogor pada waktu itu, dengan nama Bergtuin te Tjibodas atau Kebun Pegunungan Cibodas.

Pada awalnya, Kebun Raya Cibodas, dimaksudkan sebagai tempat aklimatisasi jenis-jenis tumbuhan asal luar negeri yang mempunyai nilai penting dan ekonomi yang tinggi, salah satunya adalah Pohon Kina atau Cinchona calisaya.

Kemudian menjadi bagian Kebun Raya Bogor dengan nama Cabang Balai Kebun Raya Cibodas. Pada 2003 status Kebun Raya Cibodas menjadi lebih mandiri sebagai Unit Pelaksana Teknis Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas.

Lembaga tersebut beroperasi di bawah Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor dalam kedeputian Ilmu Pengetahuan Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Adapun lokasi Kebun Raya Cibodas berada di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango pada ketinggian kurang lebih 1.300 sampai 1.425 meter di atas permukaan laut dengan luas 84,99 hektar.

Temperatur rata-rata di sini mencapai 20,06 °C, kelembaban 80,82 persen dan rata-rata curah hujan 2.950 mm per tahun. Kebun Raya Cibodas merupakan tempat yang nyaman untuk beristirahat sambil menikmati keindahan berbagai jenis tumbuhan yang berasal dari Indonesia dan negara-negara lain.

Tempat ini juga sangat populer sebagai destinasi wisata dan edukasi. Kebun Raya Cibodas sangat direkomendasikan sebagai tempat belajar bagi anak-anak sekolah.

Ada beberapa wahana dan fasilitas yang menonjol di sini. Salah satunya taman bunga sakura yang mekar sebanyak dua kali sepanjang musim.

Selain itu ada lokasi menarik lainnya, seperti taman lumut, konservatoriun, rumah kaca, taman liana, Araucaria Avenue, dan rumah mawar yang bisa kamu kunjungi di Kebun Raya Cibodas.

Kamu juga bisa menikmati wisata edukasi dengan berkunjung ke beberapa museum yang ada di Kebun Raya ini, yaitu Museum Zoologi dan Museum Munasain.

Namun sebelum berkunjung, alangkah lebih baik jika kamu menyimak informasi di bawah ini. Simak baik baik ya:

Alamat

Jalan Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, 43253.

Jam Operasional

  • Senin - Jumat 08.00 - 16.00
  • Senin - Minggu & Libur Nasional 07.00 - 16.00 WIB

Tiket Masuk

  • Senin - Jumat
    Domestik : Rp. 15.500
  • Wisatawan Asing : Rp. 15.500
  • Sepeda : Rp. 15.000
  • Sabtu, Minggu, Hari Libur Nasional
    Domestik : Rp. 25.500
  • Wisatawan Asing : Rp. 25.500
  • Sepeda : Rp. 20.000
  • Mobil : Rp. 35.000
  • Motor : Rp. 5.000

Demikian informasi tentang wisata sekolah anak ke Kebun Raya Cibodas Puncak. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang berniat untuk jalan-jalan dengan mengisi waktu luang yang berharga.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index