Berkemah di Wisata Alam Posong Bisa Jadi Cara Tepat untuk Merayakan Tahun Baru

Berkemah di Wisata Alam Posong Bisa Jadi Cara Tepat untuk Merayakan Tahun Baru
Berkemah di Wisata Alam Posong Bisa Jadi Cara Tepat untuk Merayakan Tahun Baru. (sewamobiljogja.id)

RUANGBOGOR -- Posong adalah lokasi wisata alam yang berada di kaki Gunung Sindoro. Perintis pertama tempat wisata ini adalah Zuniyanto yang merupakan salah satu dari penggiat lingkungan hidup Komunitas Djogoreso desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung pada tahun 2009.

Kata Posong berasal dari dua kata, yaitu pos dan kosong. Kata tersebut dibuat oleh Pangeran Diponegoro pada zaman penjajahan untuk memancing pihak Belanda melakukan penyerangan di pos yang ternyata kosong.

Pengunjung yang datang ke Posong dapat menikmati matahari terbit dari ketinggian 1400 mdpl serta dapat melihat keindahan 8 gunung sekaligus, yaitu Gunung Andong Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Ungaran, Gunung Muria, Gunung Merapi dan Gunung Telomoyo.

Kamu juga bisa menginap di Posong, karena pengelola menyediakan fasilitas kemah dengan konsep soft adventure. Lokasinya yang ada di Lereng Gunung Sindoro membuat tempat ini menjadi lokasi yang sempurna untuk membangun tenda.

Keindahan alam yang menjadi background utama foto ini adalah buruan para pengunjung. Jika ingin menikmati sunrise di sini, kamu harus datang ketika masih subuh. Di sana kamu bisa menunggu matahari terbit di balik Gunung Sumbing dengan secangkir kopi hangat.

Jika beruntung kamu juga bisa melihat lanskap view samudra awan yang memukau hati. Sekali kamu melihatnya, kamu pasti merasa bahwa sunrise yang kamu lihat adalah sunrise terindah dalam hidupmu.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati momen keindahan golden sunset di sini. Pancaran sinar matahari yang kamu lihat akan tampak membelah kedua gunung. Maka itu sangat disarankan agar kamu datang saat hari cerah dan cuaca yang bagus ya.

Tidak hanya berkemah, buat kamu yang butuh penginapan tak perlu khawatir. Di sana ada banyak penginapan dan homestay lho. Berikut detail informasi terkait Wisata Alam Posong:

Alamat

Lokasi wisata alam Posong terletak di Area Sawah, Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Harga Tiket

Sementara, untuk harga tiket masuk Posong pada saat ini adalah sebesar Rp20.000 per orangnya Sedangkan untuk retribusi parkir kendaraan seperti motor tarifnya sebesar Rp3.000. Dan untuk mobil atau kendaraan roda empat lainnya, biaya parkir mulai dari Rp10.000 hingga Rp20.000.

Jadwal Operasional

Pada dasarnya kawasan wisata Posong selalu dibuka selama 24 jam. Terutama untuk para pengunjung yang berkemah. Namun secara resmi, kawasan tersebut memiliki jam operasional dari pukul 04.00 sampai 17.00 WIB.

Angkutan ke Posong

  • Travel Wisata

Ada beberapa travel agent wisata yang membuka rute perjalanan ke Posong. Jadi bagi kamu yang berniat datang ke Posong bisa menggunakan jasa travel agent.

  • Kendaraan Pribadi

Membawa kendaraan pribadi berupa mobil atau motor tentunya cara paling praktis agar bisa sampai ke Posong. Selain itu kamu juga bisa membawa perlengkapan dengan lebih leluasa.

  • Bus

Ada beberapa bus mini yang melewati jalur besar ke Jalan Raya Temanggung. Namun, untuk bisa sampai Posong, kamu harus berhenti di dekat SPBU Kledung. Setelah itu kamu mesti melakukan pendakian sampai ke Posong.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index