Gokil! Pemerintah Kota Bogor Luncurkan Aplikasi BSW, Bisa Pantau Penyaluran Bansos hingga Cek Tagihan PBB dalam Sekali Klik

Gokil! Pemerintah Kota Bogor Luncurkan Aplikasi BSW, Bisa Pantau Penyaluran Bansos hingga Cek Tagihan PBB dalam Sekali Klik
Aplikasi BSW bisa atasi banyak masalah dalam sekali klik. Mulai dari informasi penyaluran bansos hingga cek tagihan PBB tersedia di Bogor Single Window. Sumber foto: youtube.com/@Diskominfo Kota Bogor.

RUANGBOGOR.COM - Pemerintah Kota Bogor resmi meluncurkan aplikasi Bogor Single Window (BSW).

Dilansir dari akun Instagram @pemkotbogor, Aplikasi BSW Kota Bogor merupakan Portal Aplikasi Pemerintah Kota Bogor untuk memberikan layanan langsung kepada semua masyarakat di Kota Bogor.

Dalam aplikasi kita bisa melakukan Tracking Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Cek Pengajuan Jamkesda, Tracking Permohonan BPJS, Cek Tagihan PBB, Tracking Pengajuan Hibah Bansos.

Aplikasi BSW juga bisa digunakan untuk Tracking Berkas Perizinan, Simulasi Retribusi, Layanan Pengaduan Sibadra, Tracking status berkas pelayanan kelurahan dari Aplikasi ASINAN, dan Cek Ruangan Peminjaman Auditorium Perpustakan.

Untuk bisa mendapatkannya, warga Bogor bisa mengunduh lewat goole Play Store.

Informasi lengkap juga tersedia di laman bsw-landing.kotabogor.go.id.

Aplikasi ini menyatukan seluruh aplikasi yang ada di Kota Bogor, baik untuk layanan publik maupun aparatur sipil negara.

BSW didukung oleh database terpusat dan kerangka kerja Smart City. Dengan demikian, pejabat pemerintahan dan warga di Kota Bogor bisa mengakses semua layanan publik.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah dapat mendukung fungsi administratif dengan satu login, sehingga interaksi menjadi lebih praktis dan efisien.

6 Fitur Utama dalam Aplikasi Bogor Single Window

1. Layanan Masyarakat

Masyarakat dapat melakukan pemantauan penyaluran sejumlah bansos seperti PKH dan BPNT. Caranya cukup memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

2. Layanan BSW Kesehatan

Cek Pengajuan Jamkesda Masyarakat Kota Bogor yang akan mengecek pengajuan Jamkesda bisa cek pengajuan Jamkesda dengan memasukkan NIK.

Tracking permohonan BPJS masyarakat Kota Bogor bisa dipantau dengan memasukkan nomor register.

3. Pajak

Cek Tagihan PBB dengan cara memasukkan sejumlah data pribadi yang terdaftar pada aplikasi E-SPPT.

4. Layanan Sosial

Masyarakat Kota Bogor yang akan melihat pengajuan hibah bisa memasukkan kode proposal yang sebelumnya di dapat dari aplikasi SAHABAT.

5. Perizinan

Masyarakat yang akan melihat tracking dan status bekas perizinan, bisa memasukkan nomor resi yang telah didapat sebelumnya.

Masyarakat juga dapat mengecek pembayaran retribusi dengan memasukkan nama jalan, lebar jalan, panjang jalan, serta jumlah tiang.

6. Layanan Publik

Masyarakat yang akan melakukan pengaduan (jalan rusak, pohon tumbang, lampu PJU mati) bisa klik layanan pengaduan yang akan masuk ke Aplikasi Sibadra.

Masyarakat yang akan melihat status berkas pelayanan kelurahan bisa memasukkan nomor tiket yang sebelumnya didapat dari keluragan atau dari aplikasi ASINAN kelurahan.

Satu lagi layanan publik yang bisa diakses melalui aplikasi BSW adalah cek ruangan peminjaman auditorium perpustakaan.

Jadi masyarakat dapat mengecek ketersediaan jadwal dengan memasukkan tanggal yang akan dipinjam, jika tanggal yang dipilih kosong maka bisa booking ke website sianceu.kotabogor.go.id.***

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index