Resep Bakwan Sayur Renyah dan Tahan Lama dari Chef Ternama, Mudah dan Enak!

Resep Bakwan Sayur Renyah dan Tahan Lama dari Chef Ternama, Mudah dan Enak!
Resep Bakwan Sayur Renyah dan Tahan Lama dari Chef Ternama, Mudah dan Enak/ pixabay

RUANGBOGOR - Bagi anda yang suka masak saatnya mencoba resep Bakwan sayur renyah dan tahan lama dengan Sambal Kacang. Gorengannya yang renyah namun lembut cocok dipadukan dengan Sambal yang gurih, pedas, dan tajam.

Cara membuatnya dan resep bakwan syaur tahan lama juga sangat mudah. Mari selami bahan-bahannya!

Dikutip YouTube channel Devina Hermawan untuk sayurnya bisa pakai kubis, wortel, tauge, daun bawang, dan seledri. Tapi, Anda bisa menggunakan apa pun yang Anda suka.

Untuk adonannya pakai tepung terigu, tepung maizena, tepung beras, dan baking powder. Kami tidak akan menggunakan telur apa pun karena membuat Gorengan cepat lembek.

Biar lebih gurih, tambahkan santan dan air. Anda bisa melewatkan santannya jika tidak punya. Untuk Sambal Kacangnya membutuhkan kacang tanah yang digoreng, dengan atau tanpa kulit.

Lalu bawang merah, bawang putih, cabai thailand bila ingin pedas, cabai merah keriting, daun jeruk, gula jawa, dan cuka. Kita juga membutuhkan air karena sambalnya akan lebih encer.

Pertama  tumis bumbunya, panaskan sedikit minyak, lalu iris bawang putih dan bawang merah. Iris juga cabai merah keriting dan cabai Thailand. Gunakan lebih banyak cabai Thailand untuk membuatnya lebih pedas. Tumis semuanya.

Setelah kecoklatan, masukkan daun jeruk. Lalu lanjutkan memasak hingga berwarna kecokelatan. Matikan api, lalu siapkan blender, anda juga bisa menggunakan lesung dan alu untuk ini. Tapi, akan lebih praktis jika menggunakan blender.

Tambahkan kacang tanah, air, dan bahan tumis. Haluskan hingga halus. Anda dapat meninggalkan beberapa tekstur, jika Anda mau. Kalau diblender halus, sambalnya akan creamy dan lebih cepat matang dibandingkan jika kental.

Kemudian masukkan kembali ke dalam panci dan tambahkan gula palem dan cuka. Mereka akan membuat Sambal menjadi tajam dan manis, sehingga membuat rasanya semakin kompleks. Tambahkan garam juga.

Sambalnya kelihatannya terlalu kental, jadi tambahkan air dan gula untuk mempermanisnya lebih lanjut. Anda juga bisa menambahkan bubuk jamur atau penambah rasa. Hanya perlu dimasak sebentar saja.

Jika Sambalnya kental, kamu harus memasaknya lebih lama agar kacangnya menyatu dengan baik ke dalam Sambal, bukannya dipisahkan.

Rasanya harus manis, tajam, dan gurih. Lalu, sisihkan dan panaskan minyaknya sekarang. Adonannya akan sangat cepat dibuat, jadi minyaknya siap digunakan nanti.

Pertama, potong sayurannya, iris kubis dan mencukur wortel, iris daun bawang dan seledri. Pastikan Anda menggunakannya dalam jumlah yang cukup agar rasanya tidak rata.

Siapkan mangkuk besar lalu masukkan tepung terigu, tepung beras, tepung maizena, dan baking powder ke dalamnya. Baking powder tidak diperlukan, tetapi akan membuat adonan lebih ringan.

Bumbui dengan garam, kaldu bubuk atau penambah rasa atau MSG, dan gula pasir. Untuk tepung beras dan tepung maizena, Anda bisa menggunakan keduanya, atau melewatkannya sama sekali.

Tepung beras akan membuat gorengan menjadi renyah. Tepung maizena akan membuatnya lebih lembut di dalam dan renyah di luar. Campurkan dengan bahan kering terlebih dahulu agar nantinya bisa tercampur lebih merata. Lalu masukkan cairan: santan dan air.

Selain bahannya, konsistensi adonan juga harus diperhatikan agar gorengan renyah. Pasti agak kental seperti ini. Pertama, karena sayuran akan mengeluarkan air saat digoreng. Itu sebabnya konsistensi adonan Gorengan dan Tempe Goreng berbeda. Adonan untuk Fritters harusnya lebih kental karena kita menggunakan banyak sayuran.

Kedua, jika adonan Fritters terlalu encer, sayuran tidak akan terlapisi dengan baik sehingga bisa gosong saat digoreng. Terakhir, hasilnya akan terlalu banyak menyerap minyak jika adonan terlalu encer.

Anda dapat membentuk Fritters sesuka Anda. Bisa lebih tebal Namun, ukurannya tidak boleh setipis kertas. Goreng dalam minyak panas agar hasilnya tidak padat. Begitu warnanya mulai kecokelatan, kecilkan api sehingga bagian luarnya menjadi sangat renyah dan memberikan aroma sayuran goreng pada gorengan tersebut.

Gorengan tidak mungkin salah. Bagian luarnya renyah dan wangi dari sayur gorengnya. Bagian dalamnya masih empuk, dan gurih karena santannya. Anda cukup menyajikannya dengan cabai Thailand, tapi juga cocok dengan Sambal Kacang seperti ini. Tapi, Sambal Kacangnya jangan terlalu kental. 

Rasanya agak encer, harum, gurih, manis, tajam, dan kompleks. Sambal gorengnya akan menyerap jika dituang sehingga memberikan sensasi makan yang berbeda. 

Demikian itulah Resep Bakwan Sayur Renyah dan Tahan Lama dari Chef Ternama, Mudah dan Enak!

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index