Resep Mie Gacoan Ala Rumahan Mudah Dibikin Tapi Rasanya Enak

Resep Mie Gacoan Ala Rumahan Mudah Dibikin Tapi Rasanya Enak
Resep Mie Gacoan Ala Rumahan Mudah Dibikin Tapi Rasanya Enak/ ilustrasi (unsplash)

RUANGBOGOR - Resep masakan kali adalah cara membuat mie gacoan ala rumahan yang mudah dibikin tapi rasanya enak pol.

Jika Anda menyukai mie pedas, cobalah untuk membuat hidangan mie gacoan ala rumahan ini. Rasanya tak selalu pedas namun juga ada Manis dan Gurih.

Mie gacoan ala rumahan ini mirip dengan Yamien, tapi sangat pedas. Kami akan bagikan untuk adan resep sederhana untuk dibuat di rumah.

Berikut bahan-bahannya, pertama sediakan mie segar yang bisa dibuat dari tepung dan air atau tepung dan telur. Anda juga bisa menggunakan mie kering.

Lalu anda juga haru menyiapkan kulit pangsit dan daun bawang sebagai topping. Anda juga bisa menambahkan kecap manis untuk versi manisnya.

Lalu, kecap asin dan kecap ikan yang akan memberikan aroma khas pada masakan. Jika tidak punya, lewati kecap ikan dan ganti dengan kecap.

Topping ayamnya buatlah dengan fillet dada, bawang putih, garam, gula pasir, kaldu bubuk, dan merica. Untuk Minyak Wangi bisa menggunakan bawang merah dan minyak.

Bisa menggunakan bawang merah biasa atau Sumenep. Jika ingin membuat Minyak Ayam Wangi, cukup tambahkan kulit ayam atau lemak ayam.  Terakhir, untuk membuat mie pedas seperti Mie Api, kita membutuhkan cabai Thailand yang ditumis dengan minyak dan bumbu.

Pertama, iapkan ayamnya lalu tepuk-tepuk hingga kering, lalu potong seukuran jari atau sesuai selera, atau gunakan ayam giling.

Untuk menambah aroma, tumbuk bawang putih dan tambahkan bersama dengan garam, gula, kaldu bubuk, merica dan sedikit minyak.

Aduk rata dan sisihkan dan biarkan meresap selama 10 menit. Irisannya kecil-kecil, jadi cepat meresap karena itu, Anda juga bisa mengolahnya secara langsung.

Selagi ayam direndam, iris bawang merah cukup iris tipis-tipis. Setelah digoreng jadikan sebagai topping. Sedangkan minyaknya gunakan sebagai Minyak Wangi. Sekarang, sisihkan dan lau masak ayamnya. Panaskan minyak untuk menggoreng ayam masak dengan api sedang dan jangan sampai gosong. T

ambahkan ayam kecuali bawang putih karena akan gosong. Anda juga bisa merebus ayam, tetapi menggorengnya akan membuat ayam dan Minyak Wanginya lebih aromatik.

Masak saja dengan api sedang agar matangnya benar. Setelah harum dan kecoklatan sisihkan potongan kecilnya dulu karena nanti masaknya selesai dulu.

Setelah sisanya matang, sisihkan juga. Setelah agak dingin, kita bisa mengolahnya lebih lanjut. Dalam wajan yang sama yang telah diberi aroma ayam, tambahkan minyak dan saring sisa ampasnya. Goreng bawang merah dengan api sedang-besar terlebih dahulu.

Setelah gelembungnya mereda dan bawang merah setengah garing, kecilkan api dan masak hingga garing. Sekarang sudah selesai. Jika tidak ingin terlalu gelap, kurangi waktu memasaknya. Ini agak gelap tapi jangan khawatir, ini tidak pahit.

Sekarang, tumis cabai Thailand dengan sedikit minyak dan bumbui sedikit dengan garam dan kaldu bubuk atau MSG agar tidak tawar. Jangan sampai gosong, jadi gunakan api sedang saja. Tambahkan sedikit air untuk membuat cabai lunak. Masaknya jangan terlalu lama biar tetap pedas. Jika dimasak terlalu lama, rasanya tidak akan terlalu pedas. Sekarang, Anda bisa menggunakan food processor atau melakukannya secara manual. Pertama, haluskan ayam yang sudah ditumis untuk taburan. Sekarang sedikit lebih kering.

Pastikan ayamnya beraroma dan asanya harus gurih, asin, dan sedikit manis. Giling juga cabai Thailand tidak harus mulus. Ini sangat praktis.

Minyak Wangi, topping ayam, dan cabai sudah matang. Kita hanya perlu menyelesaikan hidangannya. Jika ingin menggunakan pangsit goreng sebagai topping, goreng saja kulit pangsitnya terlebih dahulu.

Hal terakhir yang harus kita lakukan adalah merebus mie. Mie tipis seperti ini dimasak dengan sangat cepat. Cukup masak dalam air mendidih. Wajan yang saya pakai terlalu kecil, jadi hati-hati karena airnya bisa meluap. Lebih baik menggunakan panci yang lebih besar. Setelah mengapung, keluarkan jika suka tekstur yang kenyal. Jika Anda lebih suka mie yang lebih lembut, masak lagi selama sekitar 1 menit. Kalau bikin Yamien seperti ini, mienya harus panas kalau dicampur kecap, minyak.

Agar mie bisa menyerap bumbu dengan baik versi Manisnya akan sedikit cakep tetapi setelah diaduk sebentar, semuanya akan terserap. Jika ingin pedas, tambahkan cabai dan aduk kembali.

Demikian itulah resep mie gacoan ala rumahan yang bisa anda coba untuk hidangan keluarga dan orang tersayang.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index