Resep Nasi Goreng Sederhana untuk Anak Kosan, Pasti Hemat dan Lezat

Resep Nasi Goreng Sederhana untuk Anak Kosan, Pasti Hemat dan Lezat
Resep Nasi Goreng Sederhana untuk Anak Kosa, Pasti Hemat dan Lezat. (Pixabay)

RUANGBOGOR -- Kamu pecinta nasi goreng dan sedang ini makan makanan tersebut sekarang? Jika demikian, langsung saja bikin sendiri di rumah.

Selain lebih hemat, membuat nasi goreng sederhana di rumah juga terbilang mudah. Kamu tinggal mengikuti resep yang akan dibagikan dalam artikel ini.

Nasi goreng adalah hidangan nasi yang digoreng dalam minyak atau margarin, biasanya dicampur dengan bumbu-bumbu tertentu seperti bawang putih, bawang merah, kecap, dan bumbu lainnya. Hidangan ini berasal dari Indonesia dan telah menjadi salah satu makanan populer di berbagai negara Asia Tenggara.

Nasi goreng dapat disajikan dengan berbagai jenis bahan tambahan, seperti telur, daging (seperti ayam, udang, atau sapi), ikan, dan sayuran.

Banyak variasi nasi goreng yang ada, tergantung pada daerah atau negara tempatnya dihidangkan. Setiap rumah tangga atau pedagang kaki lima mungkin memiliki resep nasi goreng yang unik.

Hidangan ini memiliki rasa yang kaya karena kombinasi bumbu dan tekstur yang beragam. Nasi goreng sering dianggap sebagai hidangan yang praktis karena dapat menggunakan nasi sisa dari makan sebelumnya.

Selain itu, nasi goreng juga sering dijadikan sarapan atau makanan cepat saji. Berikut adalah resep nasi goreng sederhana:

Bahan-bahan Nasi Goreng Sederhana

Nasi putih (sebaiknya nasi yang sudah dingin semalam)
Minyak goreng
Bawang putih, cincang halus
Bawang merah, cincang halus
Daun bawang, iris tipis
Kecap manis
Kecap asin
Garam secukupnya
Merica secukupnya
Kaldu ayam bubuk (opsional)
Telur, kocok lepas
Daging ayam, udang, atau bakso (opsional)

Cara membuat Nasi Goreng Sederhana

1. Panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan atau kuali.
2. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum dan berubah warna.
3. Tambahkan daging ayam, udang, atau bakso jika digunakan. Aduk rata hingga matang.
4. Pindahkan bahan yang sudah dimasak ke sisi wajan atau kuali, tambahkan sedikit minyak lagi jika perlu.
5. Masukkan telur yang sudah dikocok lepas ke dalam wajan atau kuali. Aduk rata dengan bahan yang lain hingga telur matang.
6. Tambahkan nasi putih yang sudah dingin. Aduk rata dengan telur dan bahan-bahan lain.
7. Tambahkan kecap manis, kecap asin, garam, merica, dan kaldu ayam bubuk jika digunakan. Aduk rata hingga bumbu meresap dan nasi berubah warna.
8. Terakhir, tambahkan daun bawang. Aduk sebentar hingga daun bawang layu.

Nasi goreng sederhana siap disajikan. Anda bisa menambahkan pelengkap seperti acar, irisan mentimun, atau kerupuk sebagai pendamping. Selamat mencoba membuat nasi goreng sederhana! Anda juga bisa menyesuaikan bahan dan takaran sesuai dengan selera pribadi.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index