Resep Cimol Anti Meledak, Dijamin Aman Sentosa Saat Masak

Resep Cimol Anti Meledak, Dijamin Aman Sentosa Saat Masak
Resep Cimol Anti Meledak, Dijamin Aman Sentosa Saat Masak. (Pixabay)


RUANGBOGOR -- Cimol menjadi salah satu camilan favorit di kala waktu senggang. Makanan ini sangat populer di kalangan anak sekolah dan ibu-ibu.

Cimol sendiri bisa dibuat di rumah dengan resep sederhana. namun membuat cimol memang menantang, karena proses menggorengnya sering menimbulkan ledakan.

Jika kamu ingin mencoba membuat cimol tanpa meledak-ledak, berikut adalah resep yang bisa kamu coba di rumah.

Cimol merupakan singkatan dari aci dimakan setelah digemol yang berasal dari bahasa Sunda. Ini adalah camilan yang populer di Indonesia, terutama di daerah Jawa Barat.

Cimol adalah bola-bola kecil yang terbuat dari campuran tepung kanji atau tepung aci, bawang putih, bawang merah, daun bawang, garam, dan air.

Campuran ini kemudian digemol (dipencet-pencet) dan digoreng hingga kecokelatan. Setelah digoreng, cimol biasanya disajikan dengan berbagai bumbu pelengkap seperti saus sambal atau saus kacang.

Cimol memiliki tekstur yang kenyal di bagian dalam dan renyah di luar setelah digoreng. Rasanya gurih dan sedikit pedas, tergantung pada bumbu yang digunakan.

Jadi, singkatnya, cimol adalah camilan berbentuk bola-bola kecil yang terbuat dari tepung aci yang digemol dan digoreng. Biasanya disajikan dengan bumbu pelengkap sesuai selera. Berikut adalah resep sederhana untuk membuat cimol:

Bahan-bahan Cimol

250 gram tepung kanji atau tepung aci
2 batang daun bawang, iris halus
2 sendok makan bawang merah, iris halus
2 siung bawang putih, haluskan
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh kaldu bubuk (opsional)
200 ml air
Minyak untuk menggoreng
Bumbu Pelengkap (opsional):
Sambal atau saus kegemaran Anda

Langkah-langkah Membuat Cimol

1. Campurkan Bahan-Bahan:
Campur tepung kanji, daun bawang, bawang merah, bawang putih, garam, merica bubuk, dan kaldu bubuk (jika menggunakan) dalam sebuah mangkuk besar. Aduk rata.

2. Tambahkan Air:
Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kalis dan bisa dibentuk. Pastikan konsistensinya cukup padat tapi tetap mudah dibentuk.

3. Bentuk Cimol:
Ambil sejumlah kecil adonan, genggam dan tekan-tekan (digemol) dengan menggunakan telapak tangan atau jari-jari hingga membentuk bola kecil. Lakukan sampai adonan habis.

4. Proses Menggoreng:
Tuangkan minyak dalam wajan dengan api kecil. Goreng cimol dalam minyak panas dengan api kecil hingga matang sempurna. Pastikan untuk membaliknya agar matang merata.

5. Penyajian:
Angkat cimol dan tiriskan di atas kertas minyak atau tisu dapur untuk menghilangkan kelebihan minyak. Sajikan cimol panas sebagai camilan. Anda juga bisa menambahkan sambal atau saus kegemaran sebagai pelengkap.

Demikian informasi tentang resep cimol anti meledak. Selamat mencoba membuat cimol di rumah! Semoga berhasil dan selamat menikmati camilan yang lezat ini!

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index