milk bun

Nagita Slavina dan Rachel Venya Ikut Ketagihan! Nikmati Sensasi Milk Bun Thailand, Roti Lembut dengan Sentuhan Tang Zhong dan Beragam Isian

Nagita Slavina dan Rachel Venya Ikut Ketagihan! Nikmati Sensasi Milk Bun Thailand, Roti Lembut dengan Sentuhan Tang Zhong dan Beragam Isian

RUANGBOGOR - Sedang hangat dibicarakan di kalangan pecinta kuliner Indonesia, muncul satu sajian yang tengah viral dengan nama yang menggiurkan, yaitu milk bun Thailand.

Makanan ini, sebagaimana namanya, bukan berasal dari dalam negeri, melainkan dari negeri gajah putih, Thailand.

Ketertarikan terhadap cita rasa uniknya membuat banyak orang rela membelinya melalui jasa titip (jastip) hingga langsung ke Thailand.

Namun, apa sebenarnya kuliner milk bun ini? Milk bun sebetulnya adalah roti biasa, namun memiliki karakteristik yang istimewa karena menggunakan bahan tang zhong.

Tang zhong adalah campuran tepung dengan cairan, seperti susu atau campuran susu, dengan perbandingan satu bagian tepung untuk lima bagian cairan.

Proses pembuatan milk bun dimulai dengan memasak campuran tang zhong pada suhu 65 derajat Celsius hingga agak mengental, lalu didiamkan hingga dingin, bahkan ada yang meninggalkannya hingga enam jam.

Setelah itu, campuran tang zhong ditambahkan ke dalam adonan roti dengan perbandingan lima hingga sepuluh persen.

Roti yang menggunakan bahan tang zhong memiliki kelebihan tahan lama dan lebih lembut daripada roti biasa. Milk bun ini dengan Japanese milk bread, hanya saja di Jepang, tepung yang digunakan memiliki karakteristik khusus.

Milk bun di Thailand biasanya disajikan dengan berbagai macam cocolan, yang membuatnya menjadi favorit bagi banyak wisatawan dan akhirnya viral di Indonesia.

Viralnya milk bun Thailand di Indonesia dipicu oleh mencicipi sajian ini oleh Nagita Slavina dan Rachel Venya.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index