Mie Glosor Bogor, Takjil Legendaris Kota Hujan yang Wajib Dicoba saat Ramadhan, Sensasi Lumer di Mulut

Mie Glosor Bogor, Takjil Legendaris Kota Hujan yang Wajib Dicoba saat Ramadhan, Sensasi Lumer di Mulut

RUANGBOGOR - Jika Anda ingin mencicipi Mie Glosor Bogor maka bisa datang ke alamat di Jalan M.A Salmun, RT.03/RW.06, Ciwaringin, Bogor Tengah, Kota Bogor. Kalo lo lagi di Bogor, jangan lupa mampir ke sana deh!

Mie Glosor Bogor dan bulan Ramadhan, duh, kaya cinta deh buat warga Bogor. Gak bisa dipisahkan banget gitu, kayak jodoh yang udah ditakdirin!

Setiap bulan Ramadhan, mie glosor jadi andalan buat buka puasa. Di Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat, permintaannya sampe 20-30 ton sehari, bro! Ini baru namanya demen beneran!

Mie Glosor Bogor yang warnanya kuning keemasan itu bikin ngiler abis! Rasanya dan aromanya yang beda dari yang lain bikin orang gak bisa berhenti ngiler.

Di Bogor, kalo biasanya kudapan buka puasa manis, nah, di sini ada Mie Glosor Bogor yang gurihnya bikin nagih!

Lo bisa nemuin mie glosor di mana-mana di Bogor, bro! Mulai dari jalan raya sampe gang di kampung-kampung, pasti ada yang jual.

Eh, tapi lo tau gak sih, Mie Glosor aslinya katanya bukan dari Bogor, loh! Katanya sih dari Sukabumi, tetangganya Bogor gitu.

Nama 'glosor' itu sendiri katanya dari bahasa Sunda, lo! Jadi, gak heran kalo bahasa Indonesia gak punya padanan buat kata itu. Keren banget kan?

Pedagang mie glosor di Pasar Tanah Baru, ngakuin kalau omzetnya naik banget pas lagi bulan Ramadhan. Pas Ramadhan bisa bawa sampai 15 kilogram mie glosor. Jual mie glosor seharga 50 ribu per kilogram.

Namun, mie glosor gak cuma jadi semacam makanan yang laku di bulan puasa aja, lo. Gampang aja benerinnya. Persis kaya mie glosor masuk ke mulut orang, lancar dan gak ribet.

Di beberapa tempat, mie glosor juga disebut 'mie sorodot', yang artinya meluncur. Asik banget, kan?

Selain itu, mie ini juga dikenal sebagai mie aci. Namanya diambil dari tepung aci atau tapioka yang jadi bahan utamanya.

Biasanya mie glosor diproduksi pake mesin di pabrik. Banyak pabrik mie glosor di Bogor, lo.

Dalam proses pembuatannya, tepung tapioka bakal disaring dulu biar gak ada gumpalan.

Trus tepung itu dicampur air dan dimasukin ke mesin penggiling. Tapi, proses ini masih dilakuin secara manual.

Pas proses penggilingan, mie bakal diberi pewarna makanan biar warnanya khas, yaitu kuning. Kayaknya gak cuma rasanya yang bikin nagih, warnanya juga bikin ngiler ya?

Setelah adonan dan pewarna udah bener-bener tercampur, nih, langsung aja dikeluarin dari mesin buat dicetak ke bentuk memanjang.

Mie yang udah dicetak langsung direbus sampe kenyal banget, lalu ditiriskan sebelum dicuci dan dikemas.

Mie glosor mentah biasanya dijual di pasaran per bungkus dengan berat sekitar 500 gram dan harganya mulai dari Rp15.000 sampe Rp20.000.

Kalo mie glosor yang udah jadi, yang sering dijajakan atau ada di jalan-jalan buat jadi cemilan buka puasa, harganya macem-macem nih. Tapi biasanya dimulai dari Rp5.000 aja udah dapet mie plus sambelnya.

Bulan Ramadan tiba, pasti asik banget jajan makanan enak di pinggir jalan. Nah, di Bogor, Jawa Barat, ada takjil yang namanya mie glosor yang paling dicari pas bulan puasa.

Nama 'glosor' itu sendiri diketahui dari sifat mie yang lumer banget pas dimakan. Mie glosor ini dibuat dari tepung singkong atau aci yang dicampur kunyit, jadi teksturnya licin banget dan warnanya kuning cerah.

Kalo dimakan sama sayuran dan disantap dengan sambel kacang, wah, berasa tuh surga di mulut! Satu porsi mie glosor, harganya biasanya sekitar Rp3 ribu sampe Rp5 ribu.

Yang seru, mie glosor cuma ada pas Ramadan aja! Lo bisa nemuin mie glosor dijual pedagang kaki lima di berbagai tempat di Kota Bogor.

Kalo lo di luar Bogor, lo juga bisa coba bikin sendiri di rumah, lo! Bahan-bahannya simpel dan gampang ditemuin.
Bersumber dari channel YouTube Masak Maniak, berikut cara membuat mie glosor.

Bahan-bahan:

500 gr mie glosor

1 buah wortel yang sudah di parut

2 batang bawang daun

150 gr kol iris tipis-tipis

1 sdt garam

1 sdt kaldu bubu

2 sdt gula pasir

4 siung bawang merah

2 siung bawang putih

4 butir kemiri

2 buah cabe rawit merah

1 sdt merica bubuk

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index