Menteri Basuki Beri Bocoran Diskon Tarif Tol Mudik Lebaran 2024 Diprediksi Makin Ngacir, PT Jasa Marga Prediksi Diskon Tol Tetap Jalan

Menteri Basuki Beri Bocoran Diskon Tarif Tol Mudik Lebaran 2024 Diprediksi Makin Ngacir, PT Jasa Marga Prediksi Diskon Tol Tetap Jalan

RUANGBOGOR - Banyak yang lagi ngarep-ngarep banget buat musim mudik Lebaran Idul Fitri 2024 bakal ada promo diskon tarif tol yang bikin senyum. Tapi nih, pertanyaannya, gimana ya kejadian tahun 2024 bakal ngeluarin diskon yang sama kerennya kayak sebelumnya?

Nah, kabarnya sih, MenPUPR, alias Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, lagi sibuk-sibuknya ngobrol-ngobrol sama Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) soal ini.

Menteri Basuki Hadimuljono mengaku sudah membuka pembicaraan dengan Asosiasi Jalan Tol Indonesia untuk membicarakan diskon promo tarif tol saat mudik lebaran Idul Fitri 2024.

"Lagi ngobrol sama ATI, dihubungin sama BPJT," katanya, Basuki, kepada media.

Berdasarkan omongan Basuki, kemungkinan besar para operator jalan tol bakal nerima dan setuju dengan penyesuaian tarif tol.

Sebelumnya, Basuki juga ngebet banget ngomongin pentingnya diskon tarif tol buat atur lalu lintas di saat liburan. Biasanya, diskon tarif tol itu diberlakuin di luar waktu puncak musim mudik buat bantu kurangin macetnya jalan.

Eits, tenang aja, diskon pasti tetep ada. Diskon ini kan buat ngatur jalanan pas hari-hari khusus dan juga di area rest, biar perjalanan jadi lancar.

Walaupun BPJT belum ngirimin proposal resmi soal diskon, Basuki tetep yakin banget kalau tahun ini, diskon tarif tol bakal tetep berlaku.

Nah, PT Jasa Marga (Persero) Tbk lagi pada ngasah pedang nih buat nyambut mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H/Tahun 2024. Mereka lagi fokus ngasah strategi biar operasi dan pelayanan di jalan tol makin kinclong. Supaya Standar Pelayanan Minimal (SPM) tetep oke dan bisa atasin kemungkinan macet yang bakal muncul pas arus mudik dan balik Idul Fitri.

Jadi, Jasa Marga ramalannya adalah jumlah mobil yang bakal keluar dari wilayah Jabotabek selama arus mudik H-7 sampai H2 Idul Fitri 1445 H (3 April - 11 April 2024) sekitar 1,86 juta kendaraan. Naik banget, loh, sekitar 54,13% dari biasanya, dan naik 5,94% dibanding Lebaran tahun lalu. Mayoritas mobil ini mau ke arah Timur (Trans Jawa dan Bandung) sekitar 58,4%, ke arah Barat (Merak) 22,9%, sama ke arah Selatan (Puncak) 18,8%.

Terus, buat arus baliknya, prediksi Jasa Marga ada sekitar 1,92 juta kendaraan bakal masuk wilayah Jabotabek dari H1 sampai H+7 Idul Fitri 1445 H (10 April - 18 April 2024). Naik lagi, loh, sampe 60,55% dari biasanya, dan naik 4,19% dari Lebaran tahun lalu. Mayoritas mobil ini dateng dari arah Timur (Trans Jawa dan Bandung) 56,5%, dari Barat (Merak) 23,6%, dan dari Selatan (Puncak) 19,9%.

Angka-angka ini kan cuma ramalan, tapi diperoleh dari lalu lintas di empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikampek Utama, GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung), GT Ciawi (arah Puncak), sama GT Cikupa (arah Merak).

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index