Festival Balon di Wonosobo 2024

Nggak Perlu Jauh ke Cappadocia Turki Lihat Balon Terbang, Cukup Modal Dengkul ke Wonosobo Dapat View Sekeren Ini!

Nggak Perlu Jauh ke Cappadocia Turki Lihat Balon Terbang, Cukup Modal Dengkul ke Wonosobo Dapat View Sekeren Ini!

RUANGBOGOR – Ada event keren nih buat kalian yang mau mudik ke Wonosobo! Pemkab Wonosobo bareng Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Wonosobo, dan Komunitas Balon Wonosobo ngadain Festival Mudik 2024 loh!

Acara keren ini dimulai dari tanggal 11 sampe 20 April, dan puncaknya di Alun-alun Wonosobo pas Minggu 21 April 2024. Di sini kamu bakal menikmati suasana mirip kayak di Cappadocia, Turki. Ada puluhan balon udara raksasa menghiasi langit Wonosobo, mirip banget kayak di Cappadocia. Kurang keren gimana coba!

Ini bukan kali pertama loh, event keren ini sudah digelar dari tahun 2023 dan selalu jadi ajang seru buat warga Wonosobo dan pemudik. Jadi, selain buat hiburan, juga bisa menjadi wadah kreativitas para pembuat balon udara Wonosobo buat meramaikan Hari Raya Idul Fitri.

Festival Balon Wonosobo Mirip di Cappadocia Turki

Menurut Kabid Pemasaran Disparbud Wonosobo, Sri Fatonah Werdiyati Ismangil, festival balon ini emang selalu jadi primadona di Wonosobo. Nggak cuman festival balon aja, tapi juga ada festival kuliner dan seni budaya, guys!

Dan tahun ini, festival balon ini makin dikembangin, dari 8 lokasi jadi 14 lokasi, mulai dari Kembaran Kalikajar, Simbang Kalikajar, Lamuk Kalikajar, sampe Alun-Alun Wonosobo, bro!

Puncaknya di Alun-Alun Wonosobo nih, targetnya 40 balon bakal terbang bareng alias 'Mumbul Bareng', loh! Waktunya pagi-pagi banget, dari jam 6 sampe 9 pagi biar balonnya bisa terbang dengan stabil.

Wah, ini sih keren banget. Suasanyanya bakalan bener-bener kayak di Cappadocia. Cocok banget buat jadi background foto-foto cantik Instagramable.

"Kenapa naik di pagi hari? Karena di jam inilah waktu terbaik utnuk balon raksasa tinggi 7 meter dan diameter 3 sampai 4 meter terbang, anginnya stabil," ujar Sri Fatonah dalam keterangannya.

Balonnya sendiri dibuat dari kertas dengan motif-motif khas Wonosobo yang super keren, loh! Setiap balon diisi dengan udara pake metode pengasapan dari bakar batok kelapa. Dan nggak gampang, proses bikin balon ini bisa memakan waktu sampai dua minggu hingga sebulan loh!

"Balon-balon ini akan dinaikkan dengan ketinggian rata-rata 75 sampai 150 meter dan tidak boleh dilepas. Balonnya akan diturunkan jika sudah kehabisan udara, lalu diasapi lagi dan dinaikkan lagi jika cuacanya memungkinkan.

Festival Makanan

Nah, selain festival balon, ada juga festival kuliner yang pasti bikin ngiler. Ada makanan tradisional khas Wonosobo sampe kuliner modern yang lagi hits banget, bro! Total ada 140 stan kuliner yang siap manjain lidah kalian dengan jajanan dan makanan khas Wonosobo yang udah pasti top banget.

Nggak cuma itu aja, nantinya akan ada stan kopi khas Wonosobo yang menyajikan kopi khas serta berbagai jenis minuman yang menyegarkan pastinya. Dan jangan lupa, ada juga pertunjukan seni budaya yang pastinya bakal seru abis! Semua ini nggak cuma buat hiburan aja, tapi juga buat mendorong perekonomian masyarakat lokal, bro!

Jadwal Festival Balon di Wonosobo 2024

  1. Festival Balon Kembaran (11-14 April).
  2. Festival Balon Semayu (12 April)
  3. Festival Balon Karangluhur (13-14 April)
  4. Festival Balon Lamuk (13-14 April)
  5. Festival Balon Kaliasem (14-15 April)
  6. Festival Balon Jaraksari (16 April)
  7. Festival Balon Simbang (12-16 April)
  8. Festival Balon Mudal (17 April)
  9. Festival Balon Reco (16-17 April)
  10. Festival Balon Sambek (18-19 April)
  11. Festival Balon Anshor/Bojasari Siyono (14-15 April)
  12. Festival Balon Anshor/Candiyasan (18-19 April)
  13. Festival Balon Wringinanom (20 April)
  14. Puncak Festival Minggu 21 April di Alun-alun Wonosobo

Jadi, yuk, merapat ke Festival Mudik 2024 di Alun-alun Wonosobo. Kapan lagi liburan seru serasa di Cappadocia nya Jawa nih!

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index