Cukup ke Sukabumi, Kamu Bisa Healing ke Lembah Purba dan Pacu Adrenalin Lewat Jembatan Gantung Terpanjang di Asia

Cukup ke Sukabumi, Kamu Bisa Healing ke Lembah Purba dan Pacu Adrenalin Lewat Jembatan Gantung Terpanjang di Asia
Ilustrasi -- Sukabumi Kamu Bisa Healing ke Lembah Purba dan Pacu Adrenalin Lewat Jembatan Gantung Terpanjang di Asia . (Pixabay)

RUANGBOGOR --  Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, telah menambahkan salah satu daya tarik wisata baru dengan kehadiran Jembatan Gantung Sukabumi, yang baru-baru ini telah menjadi sorotan utama bagi pengunjung lokal maupun mancanegara.

Jembatan gantung ini, yang juga dikenal dengan sebutan Situ Gunung Suspension, telah menjadi destinasi favorit bagi pecinta alam dan penggemar petualangan.

Dengan panjang sekitar 414 meter, Jembatan Gantung Sukabumi diposisikan sebagai yang terpanjang di Asia, menawarkan pengalaman unik dalam menikmati pemandangan alam yang menakjubkan sepanjang perjalanan.

Menghadirkan sensasi berjalan di atas ketinggian, pengunjung dilengkapi dengan sabuk pengaman untuk menjaga keamanan selama menyeberangi jembatan yang kokoh dan aman.

Selain menawarkan keindahan alam yang memukau, jembatan gantung ini juga menyajikan aspek historis yang menarik, dengan menggunakan bahan dasar kayu ulin yang tahan terhadap cuaca dan kelembaban.

Dengan demikian, tidak hanya menjadi destinasi wisata yang menghibur, tetapi juga menjadi bagian dari warisan budaya yang berharga.

Pengunjung yang tiba di Situ Gunung di Kabupaten Sukabumi juga dapat menikmati berbagai fasilitas lainnya, termasuk Air Terjun Curug Sawer yang memesona dan Danau Situ Gunung yang menenangkan.

Dengan luasnya area dan beragamnya fasilitas yang tersedia, Situ Gunung menawarkan pengalaman liburan yang lengkap dan memuaskan bagi semua pengunjung.

Namun demikian, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung, pengelola Situ Gunung Sukabumi membatasi jumlah pengunjung yang diizinkan masuk ke jembatan gantung secara bersamaan. Dengan demikian, pengalaman menyeberangi jembatan gantung ini tetap aman dan terkontrol.

Dengan potensi wisata alam yang melimpah, Sukabumi terus menarik minat para pelancong dari berbagai penjuru, yang ingin mengeksplorasi keindahan alam dan warisan budaya yang ditawarkannya.

Diharapkan, keberadaan Jembatan Gantung Sukabumi dapat menjadi daya tarik utama bagi industri pariwisata lokal, serta berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah Kabupaten Sukabumi secara keseluruhan.

Alamat dan Harga Tiket Masuk (HTM)

Agar bisa sampai di Situ Gunung Suspension ini, estimasi jarak dan waktu tempuh dari Jakarta adalah sekitar 114,4 km, dengan menggunakan mobil melalui Tol Jagorawi.

Untuk memasuki kawasan Situ Gunung yang merupakan lembah purba, pengunjung harus membayar tiket masuknya terlebih dahulu, dengan harga sekitar Rp20.000 per orang untuk weekend, dan Rp15.000 untuk weekday.

Situ Gunung terletak di Desa Kadudampit, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, membentang di kawasan konservasi, yaitu Situ Gunung di Taman Nasional Gede Pangrango.

Jembatan gantung ini buka mulai dari jam 6 pagi sampai dengan jam 4 sore. Tiba di kawasan pembelian tiket, pengunjung akan dijelaskan oleh pemandu terkait trek yang akan dilalui serta paket wisata yang tersedia.

Terdapat tiga paket yang ditawarkan dengan harga berbeda-beda, tergantung pada fasilitas yang diinginkan pengunjung. Jalur hijau memiliki jarak terdekat, sekitar 1,5 KM, dan biasanya disebut jalur VIP dengan harga tiket mulai dari Rp100.000 per orang.

Jalur kuning memiliki panjang sekitar 2,5 KM dengan harga tiket mulai dari Rp75.000 per orang, sementara jalur merah memiliki jarak terjauh, sekitar 3,7 KM, dengan harga tiket termurah Rp50.000 per orang.

Sesampainya di titik jembatan gantung, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar dengan berjalan kaki sekitar 600 meter. Pengunjung diberikan sabuk pengaman untuk keamanan saat melewati jembatan ini.

Jembatan gantung Sukabumi telah mendapatkan sertifikat keselamatan dan kenyamanan serta lolos uji beban dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Namun, pengelola membatasi jumlah pengunjung agar tetap aman dan nyaman.

Fasilitas Situ Gunung

Situ Gunung juga menawarkan berbagai fasilitas lainnya, seperti glamping, mushola, tempat foto-foto, dan area parkir yang luas. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai makanan dan minuman yang dijual oleh pedagang di sekitar area tersebut.

Selain Jembatan Gantung Sukabumi, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam lainnya seperti Air Terjun Curug Sawer dan Danau Situ Gunung.

Curug Sawer merupakan air terjun alam yang ketinggiannya mencapai 35 meter dengan aliran air yang deras, sedangkan Danau Situ Gunung adalah danau buatan yang dikelilingi oleh hutan pinus yang hijau.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index