10 Desa Wisata di Indonesia yang Paling Sering Dikunjungi Wisatawan Asing, Sepertinya Desamu Termasuk Coba Cek!

10 Desa Wisata di Indonesia yang Paling Sering Dikunjungi Wisatawan Asing, Sepertinya Desamu Termasuk Coba Cek!
10 Desa Wisata di Indonesia yang Paling Sering Dikunjungi Wisatawan Asing/ unsplash

RUANGBOGOR – Setiap negara memiliki destinasi wisata favoritnya sendiri, dan di Indonesia, desa-desa wisata menjadi primadona bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Keindahan alam, budaya yang kaya, dan keramahan penduduknya membuat desa-desa ini menjadi tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi. 

Ada 10 desa wisata yang paling sering diknunjungi turis asing di Indonesia diantaranya Desa Wisata Gamplong Ulee Lee (Banda Aceh, Aceh). Berikut adalah 10 desa wisata terbaik di Indonesia:

Desa Wisata Gamplong Ulee Lee (Banda Aceh, Aceh)
Terletak di kecamatan Meuraksa, Banda Aceh, desa wisata ini menawarkan berbagai daya tarik, mulai dari wisata alam, kuliner, wahana bermain anak, hingga wisata religi. Terkenal sebagai salah satu desa yang terdampak Tsunami 2004, desa ini juga memiliki saksi sejarah yang masih berdiri kokoh hingga saat ini, seperti Masjid Baiturrahim.

Desa Wisata Hilisimaetano (Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara)
Desa tertua di Kabupaten Nias Selatan ini menawarkan pesona budaya yang kental dengan atraksi seperti tari perang Maina Mogele dan lompat batu. Terkenal akan peninggalan sejarahnya, seperti batu megalitik, desa ini juga masuk dalam 50 besar desa wisata di Indonesia.

Desa Wisata Penglipuran (Bangli, Bali)
Desa terbersih di dunia ini memukau wisatawan dengan pesona pemandangan tanaman hijau yang segar dan hutan bambu yang mengelilingi desa. Setiap akhir tahun, desa ini juga menggelar Penglipuran Village Festival dengan parade budaya yang menarik.

Desa Wisata Buluh Duri (Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara)
Desa ini menawarkan kekayaan alam yang alami dan kondisi sungai yang menguji adrenalin para wisatawan, terutama dengan arung jeram di Sungai Bah Bolon. Desa Buluh Duri juga masuk dalam 50 besar desa wisata di Indonesia.

Desa Wisata Sa-3000 (Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara)
Terletak di tepi Danau Toba, desa ini menawarkan pemandangan warna-warni dari rumah-rumah yang dicat dengan beragam warna. Ornamen payung yang terpasang di beberapa sudut perkampungan menambah keindahan desa ini, sempurna untuk selfie.

Desa Wisata Pariangan (Tanah Datar, Sumatera Barat)
Terkenal akan panorama indahnya yang meliputi sawah dan tumbuhan hijau, desa ini juga memiliki prasasti bersejarah dan tempat permandian umum. Desa Pariangan pernah terpilih sebagai salah satu dari lima desa terindah di dunia.

Desa Wisata Dayun (Kabupaten Siak, Riau)
Terletak di lereng gunung, desa ini menawarkan Danau Zamrud yang indah di tengah perkebunan sawit. Udara yang sejuk dan segar membuatnya menjadi destinasi yang ideal untuk berlibur.

Desa Wisata Tobat Lereng (Kota Pagaralam, Sumatera Selatan)
Satu-satunya desa wisata di Sumatera Selatan yang masuk dalam 50 besar desa wisata di Indonesia. Terkenal dengan wisata air terjunnya, desa ini juga menawarkan kegiatan seni dan budaya serta jelajah alam.

Desa Wisata Pujon Kidul (Malang, Jawa Timur)
Terletak di Malang, Jawa Timur, desa ini menawarkan fasilitas outbond, pelatihan pertanian dan peternakan, serta hiking ke kawasan air terjun. Desa Pujon Kidul juga dikenal dengan warna-warni rumahnya dan kekentalan budaya dan keseniannya.

Desa Wisata Pela (Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur)
Terkenal sebagai surga pesut masuk, desa ini menawarkan pesona sungai Mahakam yang indah. Desa Pela menjadi objek wisata sejak tahun 2017 dan telah mendapat penghargaan sebagai desa wisata.

Dengan keindahan alamnya, kekayaan budayanya, dan keramahan penduduknya, tidak heran jika desa-desa wisata ini menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan. Dari Aceh hingga Kalimantan Timur, setiap desa menawarkan pengalaman yang unik dan tak terlupakan bagi para pengunjungnya. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi keindahan Indonesia melalui desa-desa wisatanya yang menakjubkan!

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index