Festival Balon

Pengin Lihat Balon Udara Ala Cappadocia? Nggak Usah ke Turki, Sini ke Festival Mudik Wonosobo Aja Dijamin Kesengsem!

Pengin Lihat Balon Udara Ala Cappadocia? Nggak Usah ke Turki, Sini ke Festival Mudik Wonosobo Aja Dijamin Kesengsem!

RUANGBOGOR - Kabar gembira nih buat kamu yang lagi nyiapin rencana buat mudik ke Wonosobo nih! Pemkab Wonosobo bareng Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Wonosobo, dan Komunitas Balon Wonosobo bakal ngadain Festival Mudik 2024, loh!

Acara keren ini bakal berlangsung dari tanggal 11-20 April, trus puncaknya di Alun-alun Wonosobo pada Minggu, 21 April 2024.

Apa sih yang spesial dari Festival Mudik? Sini, RuangBogor kasih tau. Di festival ini kamu bisa lihat balon udara raksasa menghiasi langit Wonosobo!! Nggak cuma satu, tapi ada puluhan balon udara raksasa beraneka warna dan motif. Keren, kan?!

Nah, ini cocok banget buat kamu yang kepincut sama Cappadocia, Turki, pengin lihat balon udara raksasa terbang di langit. Nggak usah jauh-jauh sampe Turki, cukup ke Wonosobo aja guys! Cuma modal dengkul alias gratis bisa dapet view super keren!

Festival Mudik ini sebenernya event yang udah dimulai dari tahun 2023 lalu sama Disparbud dan komunitas balon. Tentu aja jadi hiburan seru buat warga Wonosobo khususnya buat para pemudik.

Selain buat seru-seruan, acara juga kesempatan buat para kreator balon udara Wonosobo buat nge-ekspresiin kreativitas mereka dan melestarikan tradisi menerbangkan balon udara buat ngisi hari Raya Idul Fitri.

Menurut Kabid Pemasaran Disparbud Wonosobo, Fatonah, festival balon ini emang jadi salah satu event andalan Wonosobo yang disukai sama semua orang, baik lokal maupun dari luar daerah.

Gak cuma festival balon aja, di puncak Festival Mudik ini juga bakal ada festival kuliner dan pertunjukan seni budaya loh, guys!

Festival balonnya sendiri bakal diadain di 14 lokasi, mulai dari Desa Kembaran Kalikajar sampe Alun-Alun Wonosobo. Targetnya di puncak festival di Alun-Alun Wonosobo bakal ada 40 balon yang bakal diterbangin bareng-bareng. Seru banget kan?

Balon-balon ini bakal mulai diterbangin dari jam 06.00 sampe sekitar jam 09.00 pagi. Soalnya, pagi hari itu waktu terbaik buat balon raksasa ini terbang karena anginnya masih stabil.

"Balon-balon ini akan diterbangkan setinggi 75 sampai 150 meter di udara dan tidak boleh dilepas. Balonnya diturunkan kalau sudah kehabisan udara dan diasapi lagi kalau cuaca masih memungkinkan," kata Fatonah.

Jadi, balon-balon ini bisa terbang dengan metode pengasapan dari pembakaran batok kelapa di tungku bekas kaleng biskuit. Batoknya dibakar sekitar 30 menit oleh tim sekitar 5 sampe 7 orang.

Terus, balon-balon khas Wonosobo ini unik banget, guys. Motifnya bervariasi, dari motif batik sampe yang modern-modern gitu, warnanya juga kontras. Proses pembuatannya juga ribet, but hasilnya keren abis! Mereka bakal diisi udara pake metode pengasapan dari batok kelapa yang dibakar.

Nah, buat yang pengen nyobain festival kuliner, gak kalah seru loh! Bakal ada kuliner tradisional sampe modern yang pastinya bikin nagih. Ada juga stan kopi khas Wonosobo yang nggak boleh dilewatin!

Di Puncak Festival Mudik 2024 Alun-Alun Wonosobo, rencananya bakal ada 140 stan kuliner yang bakal bikin kamu bingung mau makan apa dulu. Gak cuma itu, lo juga bakal dikasih hiburan dari pertunjukan seni budaya kayak lengger, kuda lumping, sampe pertunjukan seni lainnya.

Semoga dengan event keren kayak gini, perekonomian masyarakat Wonosobo terus naik dan tradisi menerbangkan balon khas Wonosobo terus bisa dilestarikan sama generasi muda, ya!

Ketua Komunitas Balon Wonosobo, Agam Setyobudi juga ngasih dukungan penuh buat Festival Mudik ini. Dia bilang kalo festival ini bakal ngebantu UMKM lokal dan juga ngerek ngerek perekonomian Wonosobo.

"Pengunjung dari luar Wonosobo banyak yang datang dan menikmati festival ini, jadi banyak masyarakat yang terbantu menyediakan rumah makan sampai penginapan," kata Agam.

Nah, buat kamu yang pengin ke Festival Mudik 2024 Wonosobo, catet ya jadwalnya di 14 lokasi Wonosobo di bawah ini!

Festival Balon Kembaran (11-14 April 2024).

Festival Balon Semayu (12 April 2024)

Festival Balon Karangluhur (13-14 April 2024)

Festival Balon Lamuk (13-14 April 2024)

Festival Balon Kaliasem (14-15 April 2024)

Festival Balon Jaraksari (16 April 2024)

Festival Balon Simbang (12-16 April 2024)

Festival Balon Mudal (17 April 2024)

Festival Balon Reco (16-17 April 2024)

Festival Balon Sambek (18-19 April 2024)

Festival Balon Anshor/Bojasari Siyono (14-15 April 2024)

Festival Balon Anshor/Candiyasan (18-19 April 2024)

Festival Balon Wringinanom (20 April 2024)

Puncak Festival Minggu 21 April 2024 di Alun-alun Wonosobo

Tradisi menerbangkan balon di Wonosobo ini udah ada dari tahun 1930-an loh, guys! Balon-balon khas Wonosobo ini punya motif batik dan modern yang unik banget, bikin bangga!

Jadi, kalo lagi ada rencana buat mudik ke Wonosobo, jangan lupa sambangi Festival Mudik 2024 di Alun-Alun Wonosobo ya, guys! Bikin liburan makin seru dan memorable!

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index