Balon Udara Bromo

Wisata Malang Rasa Cappadocia Turki, Kamu Bisa Naik Balon Udara Liat Langsung Kawah Gunung Bromo

Wisata Malang Rasa Cappadocia Turki, Kamu Bisa Naik Balon Udara Liat Langsung Kawah Gunung Bromo

RUANGBOGOR - Kamu nggak perlu jauh-jauh ke Cappadocia di Turki buat coba sensasi naik balon udara! Cuma di Indonesia kamu bisa ngerasain naik balon udara dengan view yang gak kalah keren.

Nama Cappadocia emang sempet hits banget gara-gara disebutin di serial Indonesia "Layangan Putus". Tapi siapa sangka, dari popularitas serial itu malah muncul ide buat bikin wisata balon udara yang mirip Cappadocia di daerah Malang, Jawa Timur!

Wisata balon udara yang mirip Cappadocia ini ada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Malang, Jawa Timur.

Nah, di sini kamu bisa nikmatin pemandangan keren Pasir Berbisik, Bukit Teletubbies, dan kawah Gunung Bromo langsung dalam satu waktu, loh!

Pengunjung bisa menikmati keindahan pemandangan Gunung Bromo sambil selfie-selifie di atas balon udara.

Di sana ada dua jenis balon udara yang bisa dipake sama wisatawan. Pertama, ada balon udara cold inflation (yang cuma bisa dipake buat foto-foto, nggak bisa terbang). Terus yang kedua ada balon udara statis (yang bisa terbang di atas ketinggian 50 meter).

Dari ketinggian 50 meter itu, pengunjung nggak cuma bisa ngeliat Gunung Bromo aja, tapi juga bisa nikmatin keindahan gunung lainnya, kayak Gunung Semeru dan Gunung Batok.

Selama di atas balon udara, wisatawan bebas ambil foto-foto pemandangan dan momen-momen seru mereka, yang bisa langsung diunggah ke sosial media.

Nah, buat bisa nikmatin keindahan Gunung Bromo dari ketinggian dengan balon udara, wisatawan harus siapin uang sekitar Rp.250.000 buat tiket balon udara cold inflation.

Kalo mau naik balon udara statis, harganya lebih mahal, sekitar Rp.815.000.

Meskipun begitu, momen wisata balon udara di Malang ini bisa jadi berantakan kalo nggak disiapin dengan baik. Makanya, sebelum berangkat, yuk simak tips aman berikut!

1. Atur Budget Dengan Rapi

Hitung-hitungan biaya tuh paling penting. Jangan lupa atur juga budget buat transportasi, tiket masuk, makanan, dan lain-lainnya dengan teliti, ya!

2. Perhatiin Kondisi Tubuh dan Jiwa

Suhu di Bromo itu bisa dibilang ekstrim, loh! Mulai dari 10-20 derajat Celcius pas pagi sampai siang hari, terus bisa turun sampe 2 derajat Celcius pas malam. Selain itu, jarak dari pusat kota juga agak jauh dan memakan waktu. Ditambah lagi, udara di ketinggian itu berbeda banget dan kadar oksigennya tipis. 
Jadi, pastikan kondisi fisik dan mental kamu oke, ya! Wahana ini juga nggak disarankan buat ibu hamil, orang dengan penyakit jantung, dan yang punya fobia ketinggian.

3. Pake Baju Hangat dan Masker

Selain baju hangat sama jaket tebal, jangan lupa bawa syal, topi, sama sarung tangan, ya! Pakai sepatu yang tertutup atau sepatu gunung buat jaga-jaga kaki kamu tetep hangat. Dan pastinya, masker wajib dipake buat melawan dingin dan ngejaga dari debu.

4. Pahami Aturan Main di Balon Udara Bromo

Buat naik balon udara ini, usianya minimal 4 tahun sampai 60 tahun yang sehat. Selama di perjalanan, kamu harus nurut sama petugas/pemandu, dan nggak boleh ngelakuin hal-hal kaya gini:

 - Nggak boleh bawa drone buat mencegah kerusakan alat dan bisa membahayakan perjalanan.
 - Jangan bawa barang yang bisa gampang terbakar.
 - Nggak boleh bawa hewan peliharaan.
 - Hindari buang sampah sembarangan atau rusakin properti.
 - Nggak boleh ngelakuin hal ekstrim yang bisa bahayain keselamatan diri sendiri atau orang lain.

Nah itu dia bocoran tempat wisata keren di Malang mirip Cappadocia Turki. Jangan lupa luangin waktu libur lebaran ke sini ya!

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index