Resep Lontong Beras Merah Lengkapi Masakan Lebaran, Mudah Cepat dan Berbeda dari Beras Putih!

Resep Lontong Beras Merah Lengkapi Masakan Lebaran, Mudah Cepat dan Berbeda dari Beras Putih!
Resep Lontong Beras Merah Buat Masakan Lebaran. (Cookpad/aulieasa)

RUANGBOGOR - Jelang Hari Raya Idul Fitri, tentunya berbagai masakan siap disajikan. Jika ingin berbeda atau ada stok beras merah bisa banget yuk cobain resep makanan lontong beras merah.

Yap, lontong beras merah pada umumnya tak jauh berbeda dengan lontong beras putih pada umumnya. Namun kandungan di dalam beras merah jelas berbeda dengan yang menggunakan beras putih.

Penasaran nggak dengan cara membuat lontong beras merah ini? Jangan sampai kelewatan langsung intip selengkapnya di bawah ini dilansir dari Cookpad.

Bahan: 200 gram beras merah, 700 ml air, 1/4 sdt garam, 1/4 sdt kapur sirih, 1500 ml air

Cara Membuat:

Yang pertama bersihkan beras merah kemudian jangan lupa rebus hingga air sampai mendidih dan masukkan. Jika sudah mendidih airnya masukkan garam lalu beras merah yang telah dibersihkan tadi.

Kemudian tunggu sampai beras merah sudah mulai menyusut menjadi nasi aron. Saat uap panasnya hilang lalu ambil secukupnya sesuai dengan daun pisang yang ada. Jika tidak ada daun pisang bisa diletakkan di tempat kaca.

Jika pakai daun pisang, gulung kemudian padatkan sampai bisa berbentuk seperti lontong kemudian rekatkan. Didihkan air lalu masukkan lontong tersebut.

Tutup dan rebus selama lima menit selanjutnya matikan kompor dan diamkan selama 30 menit dengan panci keadaan tertutup.

Pasca 30 menit berlalu, didihkan kembali dan rebus selama 7 menit setelah air mendidih kembali. Setelahnya, matikan kompor dan diamkan 1 jam dengan panci tertutup kembali. Tiriskan, lalu potong menggunakan pisau yang tajam. Selesai, lontong beras merah sudah siap disantap.

Itu tadi cara membuat lontong beras merah untuk menyempurnakan masakan Lebaran kali ini. Siapa siap mencoba?

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index