makanan ekstrem

Bukan Cuma Gudeg! Jogja Punya Kuliner Swike Katak, Bacem Codot, Sate Landak dan 5 Makanan Ekstrem Lainnya, Berani Coba?

Bukan Cuma Gudeg! Jogja Punya Kuliner Swike Katak, Bacem Codot, Sate Landak dan 5 Makanan Ekstrem Lainnya, Berani Coba?

RUANGBOGOR - Ngomongin kuliner Jogja, pasti yang kepikiran tuh gudeg, pecel, atau sate klathak, kan? Tapi beneran, ternyata Jogja punya sisi kuliner yang ekstrem lho!

Sudah pernah denger belum ada bacem kelelawar atau swike katak? Ini baru sebagian kecil contoh makanan ekstrem di Kota Pelajar. Selain ini ada 6 makanan ekstrem lainnya yang bisa kamu temui di Jogja.

Langsung aja yuk cekidot, 8 makanan ekstrem di Jogja yang bisa bikin kamu terheran-heran!

1. Swike Katak 
  
Kalo biasanya swike itu pake ayam, daging, atau seafood, beda lagi sama yang satu ini. Swike Katak dari Nyonya Teguh ini spesial banget karena pakai daging katak atau kodok. Yap, kamu ga salah denger, beneran pakai katak! Coba deh dari mulai swike semur, saus tiram, sampe kuah tauco semua pakai daging katak atau paha katak. Harganya juga ramah di kantong, mulai dari Rp12 ribu.

2. Warung Makan Kobra
  
Ular kobra dijadiin makanan? Why not! Di Warung Makan Kobra ini, kamu bisa nyicipin daging ular kobra yang diolah jadi berbagai macam menu, mulai dari tongseng, sate, sup, sampe steak kobra. Harga juga masih terjangkau, mulai dari Rp8 ribuan aja.

3. Sate Landak Ibu Nur Ika
  
Sate landak? Yup, it's a thing! Di warung ini, kamu bisa cobain sate dan rica-rica landak. Katanya sih dagingnya empuk kayak daging kambing. Harganya juga masih bersahabat, sekitar Rp12 ribu hingga Rp20 ribuan.

4. Belalang Goreng
 

Belalang yang biasanya jadi hama, di sini malah dijadikan makanan enak khas Gunungkidul. Harganya nggak mahal-mahal banget, sekitar Rp10 ribu hingga Rp25 ribu. Tapi hati-hati ya, kalo alergi harus ekstra hati-hati karena belalang goreng punya kadar protein yang tinggi nih.

5. Kepompong Goreng
  
Kepompong dari pohon jati yang digoreng, siapa sangka bisa jadi makanan? Ada di Warung Sego Abang Pari Gego di Semanu, Gunungkidul. Harganya bervariasi, tergantung pilihan menu, mulai dari Rp166 ribu hingga Rp290 ribu buat paket 5 orang.

6. Bubur Ayam Kalkun
  
Bubur ayam tapi pake daging kalkun. Enak banget katanya, sampe bisa buka cabang di beberapa tempat. Tekstur daging kalkun mirip kayak ayam kamoung, tapi lebih lembut.

Kalo kamu penasaran, bisa datengin salah satu cabangnya ada di Jalan Godean KM 4, Yogyakarta.

7. Tongseng Bulus
  
Tongseng dari bulus? Yap, ini bukan bercanda. Bulus adalah hewan sejenis kura-kura yang punya cangkang lunak dan hidupnya di darat. Ada di Warung Tongseng Bulus Kranggan di Jalan Kranggan. Rasanya mirip daging kambing, tapi lebih lembut.

Semua bagian tubuh bulus ini bisa diolah loh. Mulai dari daging, sirip, sampai hati, otak sampai olahan minyak bulus.

8. Tongseng dan Bacem Codot
  
Yang ini paling ekstrem, tongseng dan bacem dari kelelawar alias codot. Ada di warung Ibu Romiyati di Jl. Bantul Km 5,5 Yogyakarta. Rasanya unik banget, katanya bisa jadi obat penyakit asma. Harganya cuma Rp7.000 aja.

Jadi, buat kamu yang suka eksplorasi kuliner ekstrem, Jogja adalah tempat yang pas banget buat kamu! Siap nyobain salah satu makanan ekstrem Jogja di atas?

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index