Menjelajahi Pesona Wisata Semarang: Lawang Sewu, Kota Tua, dan Toko Oen

Menjelajahi Pesona Wisata Semarang: Lawang Sewu, Kota Tua, dan Toko Oen

SEMARANG - Saat merencanakan liburan ke Jawa Tengah pada Lebaran ini, jangan lupa untuk mampir ke Kota Semarang. Kota pelabuhan tua ini menyajikan banyak pesona wisata yang menarik, mulai dari wisata sejarah, alam, hingga kuliner yang lezat.

Salah satu tempat wisata ikonik di Kota Semarang adalah Lawang Sewu. Bangunan megah dengan arsitektur art deco ini dulunya merupakan Kantor Pusat Kereta Api (Trem) yang berlokasi di Komplek Tugu Muda.

Masyarakat Semarang lebih mengenal bangunan yang dibangun pada tahun 1903 ini dengan sebutan Lawang Sewu karena memiliki banyak pintu. Dalam bahasa Jawa, "lawang" berarti 'pintu' dan "sewu" berarti 'seribu'.

Bagi yang ingin menjelajahi jejak peninggalan masa kolonial Belanda lainnya di Semarang, bisa mengunjungi kawasan Kota Tua di Jalan Letjen Suprapto, Tanjung Mas.

Di sini, Anda dapat menemukan Taman Srigunting yang rindang dengan pepohonan berusia tua. Di sekitar taman, terdapat Gereja Blenduk yang terkenal dengan kubah besar yang disebut "mblenduk" dalam bahasa Jawa. Selain itu, Anda juga dapat menikmati cita rasa kuliner khas kolonial Belanda di Toko Oen.

Toko Oen, sebuah tempat penganan sekaligus restoran yang berlokasi di Jalan Pemuda, telah menyajikan menu khas kolonial Belanda sejak tahun 1936. Menu klasik seperti uitsmijter, huzarensalade, hingga kaasstengels menjadi hidangan andalannya. Awalnya didirikan di Yogyakarta pada tahun 1910, kini Toko Oen hanya memiliki cabang di Semarang.

Bagi nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang sedang berwisata ke Semarang, ada promo spesial yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati kuliner di Toko Oen. Dalam promo yang berlangsung hingga 30 April 2024 ini, setiap transaksi menggunakan kartu debit atau kredit BRI via EDC minimal Rp350.000 akan mendapatkan diskon sebesar Rp35.000.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi pesona wisata Semarang dan menikmati kuliner era kolonial Belanda di Toko Oen dengan promo spesial dari Bank BRI!

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index