Pengin Lihat Keindahan Nepal van Java di Dusun Butuh Magelang? Cek Cuaca Dulu Biar Nggak Nyesel!

Pengin Lihat Keindahan Nepal van Java di Dusun Butuh Magelang? Cek Cuaca Dulu Biar Nggak Nyesel!

RUANGBOGOR - Sdah denger belum soal Dusun Butuh di Magelang, Jawa Tengah? Tempatnya keren abis, sampai ada yang nyebut ini kayak Nepal van Java lho! Nah, biar kamu nggak penasaran lagi,yuk kenalan sama dusun unik satu ini.

Dusun Butuh ada di wilayah Temanggung, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah. Lokasinya emang oke banget, berada di kaki Gunung Sumbing yang megah.

Dan kamu tau nggak? Desa Butuh ini termasuk salah satu tempat tertinggi di Magelang, dengan ketinggian mencapai 1.620 mdpl. Jadi bisa bayangin dong betapa indahnya pemandangan yang bakal kamu dapetin di sini.

Sebelum jadi terkenal dengan julukan Nepal van Java, Desa Butuh ini dulunya adalah salah satu jalur pendakian menuju Gunung Sumbing. Makanya di sini ada basecamp pendakian yang siap melayani para petualan.!

Asal Usul Nepal van Java

Nah, Desa Butuh mulai dikenal sebagai Nepal van Java pada tahun 2019 lalu. Ada seorang pendaki yang kesana, terus dia ngomong kalo Desa Butuh ini mirip banget suasana di Nepal. Terus pas dia share foto-fotonya, langsung viral gitu!

Kenapa sih Desa Butuh ini bisa kayak Nepal? Nah, kamu coba bayangin aja, rumah-rumahnya susunannya tuh kayak terasering, dengan atap berwarna-warni yang kontras banget sama keindahan Gunung Sumbing di belakangnya.

Semenjak viral, pengunjung yang datang ke sini dikenakan tiket nih. Tenang, harganya cuma Rp10 ribu per orang dan ada juga biaya parkir untuk motor, mobil ataupun bis yang masih terjangkau kok.

Cek Cuaca Dulu Sebelum Gas!

kamu lu lagi mikir buat liburan ke Desa Butuh, pastiin dulu cek cuacanya, ya! Waktu terbaik buat kesini itu pagi hari, pas cuacanya cerah. Biasanya pas musim kemarau antara Mei sampe September, langitnya biru banget, cocok banget buat nambahin mood liburan kamu.

Selain itu, musim kemarau juga jadi waktu paling pas karena jarak pandangnya jauh. Kamu bisa puas deh liat pemandangan Kota Magelang dari atas.

Kalo pas musim hujan, Desa Butuh bakal diselimuti kabut tebal banget, jadi kamu nggak bisa nikmatin keindahannya. Plus, jalan menuju kesana lumayan curam, pas musim hujan bisa jadi licin, apalagi buat pengunjung yang jarang ke lokasi curam, ini bisa bahaya banget.

Spot Foto Terbaik

Spot foto di Dusun Butuh juga nggak kalah keren, bro! Ada satu spot di tikungan sebelum pasar yang bisa bikin foto kamu jadi kece abis. Dari atas atap rumah, kamu bisa liat Dusun Butuh secara keseluruhan.

Nah, buat yang mau lebih tinggi lagi, bisa naik ke permukiman warga di atas, tapi hati-hati ya, tanjakannya lumayan ekstrem! Dari sini, kamu bisa liat hampir 180 derajat pemandangan, mulai dari Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Wonosobo, sampe Temanggung, semua bisa kamu liat dari sini!

Jadi gak perlu mikir panjang lagi deh buat atur liburan ke Dusun Butuh Magelang, wisata Nepal van Java yang keren! Kamu bisa nikmatin keindahan alam dan pemandangan yang nggak ada duanya. Jangan lupa ajak temen-temen kamu buat seru-seruan bareng di sini!

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index