Geopark UNESCO

Mau Ngerasain Vibes Tinggal di Desa yang Siangnya Cuma 6 Jam? Siapin Diri Dulu Cek 9 Fakta Wisata Kelas Internasional

Mau Ngerasain Vibes Tinggal di Desa yang Siangnya Cuma 6 Jam? Siapin Diri Dulu Cek 9 Fakta Wisata Kelas Internasional

RUANGBOGOR – Jogja selalu punya kejutan, termasuk destinasi wisata yang unik. Salah satunya adalah Dusun Wotawati, yang punya ciri khas cuma kebagian siang selama 6 jam aja. Hah, kok bisa?

Jadi, Dusun Wotawati ini emang jadi salah satu tempat wisata yang masih asri banget di Jogja. Masih belum terjamah banyak turis nih.

Kalo kamu penasaran pengin nyobain sensasi tinggal di dusun yang siangnya terpendek di dunia, cek fakta-fakta menarik di bawah ini dulu ya biar makin penasaran.

1. Cuma Kebagian Siang 6 Jam

Dusun Wotawati punya daya tarik utama yang nggak biasa, yaitu cuma bisa merasakan siang selama 6 jam aja. Matahari baru keliatan pukul 9 pagi dan udah mulai gelap pukul 16.30. Jadi, warga di sini harus beresin aktivitasnya sebelum matahari tenggelam biar pulangnya gak kegelapan di jalan.

2. Diapit Bukit Besar

Kenapa siang di Wotawati cepet banget? Lokasinya emang diapit dua bukit super besar, persis di aliran Sungai Bengawan Solo yang sekarang udah mengering. Jadinya matahari baru keliatan lebih siang dari seharusnya.

3. Diakui UNESCO

Dusun Wotawati ini lokasinya ada di jajaran Gunung Sewu. Nah, Gunung Sewu ini udah ditetapin jadi wisata Geopark oleh UNESCO sejak 2015 lalu loh. Jadi jangan kaget sama keindahan alam di sini, emang top banget deh!

4. Warganya Cuma Sedikit

Mayoritas penduduk di sini bekerja sebagai petani, dan ada sekitar 450 jiwa yang tinggal di sini. Banyak juga warganya yang memilih merantau ke kota lain untuk mengadu nasib.

5. Hening Banget

Kalo kamu cari ketenangan, Wotawati cocok banget! Di sini hening banget karena jarang ada kendaraan bermotor lewat. Jalan di desa ini juga cuma satu, dan nggak terbuat dari aspal atau beton, cuma corblok aja.

6. Susah Sinyal

Karena diapit dua bukit besar, sinyal di sini susah banget. Beberapa warga juga sering banget ngeluhin hal ini, jadi lebih baik persiapkan diri dengan baik.

7. Cuma Bisa Nanem Tanaman Tertentu

 Siang yang pendek di Wotawati bikin aktivitas pertanian warga berubah. Mereka cuma bisa menanam beberapa jenis tanaman yang perawatannya  nggak ribet dan nggak butuh banyak cahaya matahari, kayak singkong, pohon sirsak, atau pohon jati.

8. Makanan Khasnya Telur Semut dan Kepompong

 Di sini ada makanan khas yang unik banget, yaitu kroto dan entung. Kroto itu telur semut rangrang, biasanya dijadikan lauk makanan. Sedangkan entung itu ulat jati sebelum jadi kepompong dan kupu-kupu. Dua menu ini jadi menu andalan di Wotawati.

So, kalo kamu berencana ke sini, siap-siap untuk menyantap makanan ekstrem ini sehari-hari ya!

9. Jarak Tempuh yang Lumayan Jauh

Kalo mau kesini dari pusat Kota Yogyakarta, kamu harus rela menempuh perjalanan selama 3 jam atau sekitar 75 km. Sebelum sampe ke dusun, kamu juga harus melewati kawasan gunung dan hutan jati yang masih asri di Gunungkidul.

10. Ada Homestay

Kalo kamu mau nginep dan merasakan sensasi tinggal di desa yang cuma kebagian siang 6 jam doang, tenang aja di sini udah ada homestay. Beberapa rumah warga udah disulap jadi tempat menginap buat wisatawan yang mau explore lebih dalam ke Dusun Wotawati.

Jadi, kalo kamu lagi cari destinasi wisata yang beda, mampir ke Dusun Wotawati Gunungkidul bisa jadi pilihan yang seru banget! Terlebih lagi, rencananya pemerintah daerah bakal mengembangkan dusun ini jadi desa wisata bertaraf nasional sampai internasional. Seru, kan?

Gimana, udah makin penasaran belum pengin nyobain sensasi tinggal di dusun Wotawati yang siangnya terpendek di dunia dan udah diakui sama UNESCO? Cus lah, let's go!geop

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index