Bukan Hanya Bandung dan Puncak Bogor, Ternyata Ini Deretan Surga Wisata di Jawa Barat

Bukan Hanya Bandung dan Puncak Bogor, Ternyata Ini Deretan Surga Wisata di Jawa Barat
Bukan Hanya Bandung dan Puncak Bogor, Ternyata Ini Deretan Surga Wisata di Jawa Barat. (Freepik)

RUANGBOGOR -- Setiap akhir pekan atau saat liburan, Kota Bandung atau kawasan Puncak Bogor tidak pernah sepi dari kunjungan. Namun, tahukah Anda bahwa tujuan wisata di Jawa Barat tidak hanya itu-itu saja? Di Pesisir Selatan Jawa Barat, ada tempat-tempat wisata yang lebih indah dan jarang diketahui. Mari kita ulas secara singkat beberapa objek wisata di Pesisir Selatan Jawa Barat yang jarang diketahui.

Jawa Barat memiliki 27 Kabupaten dan Kota, lima di antaranya berada di pesisir selatan yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. Jika kita total luas wilayahnya, lebih kurang 15.200,17 km persegi, dan luas wilayah itu didiami oleh sekitar 9,8 juta penduduk. Mari kita kunjungi beberapa tempat wisata menarik di sana.

1. Geopark Ciletuh-Palabuhanratu

Di Kabupaten Sukabumi, kita bisa menikmati pesona alam Geopark Ciletuh dari ketinggian. Muhammad Rizki Vigo, atau Vigo, akan membawa kita menjelajahi Geopark Ciletuh dengan terbang paralayang. Dari udara, kita bisa menikmati hamparan tebing, sawah, sungai, air terjun, dan laut. Fenomena geologi di sini menciptakan banyak objek wisata seperti Curug Cimarinjung, Puncak Manik, dan Sodong.

2. Pulau Kunti

Kita bisa menyeberang dengan perahu dari Teluk Ciletuh ke Pulau Kunti. Meskipun namanya terdengar sederhana, pulau ini memiliki hamparan batuan karang dan pasir putih yang indah. Batuan di pulau ini juga merupakan bukti bahwa daratan ini telah ada sejak zaman Kretaseus. UNESCO juga telah menetapkan wilayah ini sebagai taman bumi warisan dunia.

Bukan Hanya Bandung dan Puncak Bogor, Ternyata Ini Deretan Surga Wisata di Jawa Barat. (Freepik)

3. Karang Potong, Cianjur Selatan

Di Desa Saganten, Kecamatan Sindangbarang, terdapat objek wisata baru bernama Karang Potong. Lokasinya menyajikan pemandangan laut biru nan indah dengan bangunan serba putih yang instagrameable. Selain sebagai spot foto, tempat ini juga menyediakan penginapan dan tempat makan berlatar pantai.

4. Pantai Sayangheulang, Garut

Di Kabupaten Garut, kita bisa menikmati matahari terbenam yang indah di Pantai Sayangheulang. Ombak yang tenang dan karakter karang yang menahan ombak membuat pantai ini aman dan mempesona. Ada juga mercusuar yang menambah pesona pantai ini.

5. Pangandaran

Kabupaten Pangandaran adalah destinasi wisata laut favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain pantai, kita bisa mencoba olahraga air bodyrafting di Sungai Green Canyon. Wisata alam di sini juga menampilkan keanekaragaman flora dan fauna yang menarik.

Itulah beberapa potensi wisata yang terdapat di Pesisir Selatan Jawa Barat yang jarang diketahui. Selain menyuguhkan pesona alam yang memukau, tempat-tempat ini juga menjadi peluang investasi yang menjanjikan. Mari jelajahi keindahan alam Indonesia, terutama di daerah-daerah yang masih belum banyak tersentuh oleh wisatawan.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index