Mengenal Pulau Kunti di Geopark Ciletuh, Spot Wisata dengan Pantai Pasir Putih Cantik yang Dibayang-bayangi Mitos di Luar Nalar

Mengenal Pulau Kunti di Geopark Ciletuh, Spot Wisata dengan Pantai Pasir Putih Cantik yang Dibayang-bayangi Mitos di Luar Nalar
Mengenal Pulau Kunti di Geopark Ciletuh, Spot Wisata dengan Pantai Pasir Putih Cantik yang Dibayang-bayangi Mitos di Luar Nalar. (Freepik)

RUANGBOGOR -- Apa yang terlintas di pikiran Anda ketika mendengar nama Kunti atau kuntilanak? Bagi sebagian orang, mendengar nama makhluk halus ini mungkin sudah membuat bulu kuduk berdiri. Namun, lain halnya dengan masyarakat Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Bagi mereka, khususnya di kawasan Geopark Ciletuh, Kunti merupakan nama sebuah pulau yang menarik perhatian.

Pulau Kunti merupakan salah satu dari beberapa pulau kecil yang terdapat di kawasan UNESCO Global Geopark Ciletuh. Menurut cerita warga setempat, nama pulau Kunti ini diambil dari suara tawa makhluk halus tersebut. Konon, orang-orang yang sedang mencari ikan di laut kerap mendengar suara tawa kuntilanak yang berasal dari pulau tersebut.

Namun, bagaimana asal-usul Pulau Kunti tersebut dan benarkah tempatnya seakan namanya? Rombongan diajak berkeliling lokasi gugusan Pulau Kunti. Untuk menuju ke pulau tersebut, harus menyeberang menggunakan perahu dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit. Nuansa gersang rumput yang sudah coklat dan mengering di beberapa bagian karang seolah menambah kesan seram Pulau Kunti.

Mengenal Pulau Kunti di Geopark Ciletuh, Spot Wisata dengan Pantai Pasir Putih Cantik yang Dibayang-bayangi Mitos di Luar Nalar. (Freepik)

Menurut Saman, warga setempat, Pulau Kunti ini termasuk pulau purba yang tercipta dari letusan gunung api bawah laut sekitar 60 juta tahun yang lalu. Namun, nama pulau Kunti ini rupanya tercipta dari cerita misteri turun-temurun warga setempat.

Asal Muasal Suara Perempuan Tertawa di Pulau Kunti

Berdasarkan kisah yang beredar, warga setempat kerap mendengar suara tawa makhluk halus khas kuntilanak dari pulau tersebut. Penamaan Pulau Kunti rupanya berasal dari lubang dan celah-celah karang yang terhantam ombak. Suara itu akan terdengar ketika air laut di sekitar pulau pasang gelombang yang menghantam batuan, sehingga terdengar seperti kuntilanak tertawa.

Penelusuran membenarkan bahwa di sekitar Pulau Kunti banyak terdapat bebatuan karang yang berongga dan menimbulkan bunyi saat dihantam ombak. Pulau tersebut tidak termasuk pulau yang dihuni masyarakat setempat, hanya digunakan sebagai tempat singgah atau istirahat bagi wisatawan yang berkunjung.

Selain pantai dan karang, Pulau Kunti juga memiliki gua yang kental akan mitosnya. Masyarakat sekitar menyebutnya Gua Jomblo. Dengan segala misterinya, Pulau Kunti menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang tertarik dengan cerita mistis dan keindahan alam yang unik.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index