Warga Semarang Wajib Merapat, Wisata Edukasi Ini Tak Pernah Sepi dan Bisa Bikin Anak Makin Pintar Selama Liburan

Warga Semarang Wajib Merapat, Wisata Edukasi Ini Tak Pernah Sepi dan Bisa Bikin Anak Makin Pintar Selama Liburan
Warga Semarang Wajib Merapat, Wisata Edukasi Ini Tak Pernah Sepi dan Bisa Bikin Anak Makin Pinter Selama Liburan. (Info Pendidikan)

RUANGBOGOR -- Kamu sedang mencari destinasi wisata edukasi yang cocok untuk rekreasi bersama anak? Di Kabupaten Semarang ada tempat yang sangat kami rekomendasikan untuk kamu kunjungi.

Destinasi wisata edukasi dan alam buatan ini sangat menarik, yaitu Watu Gajah Park. Lokasinya terletak di Desa Ngobo, Ringin Putih, Bergas, Kabupaten Semarang. Tempatnya memang cukup jauh dari jalan raya dan berada di tengah perkebunan karet, memberikan suasana yang asri dan sejuk.

Untuk area parkir, masih berupa tanah liat karena tempat ini masih dalam tahap pembangunan. Namun, jangan salah, wisata Watu Gajah tidak pernah sepi pengunjung. Meskipun pada hari biasa (weekday), terdapat beberapa bus pariwisata yang sudah berbaris rapi di area parkir, biasanya membawa rombongan anak-anak TK atau SD.

Sebelum memasuki area pembelian tiket, terdapat kandang burung di sebelah kanan. Burung yang ada di kandang ini adalah jenis burung parkit. Di bagian belakang kandang burung terdapat rest area untuk para supir bus.

Harga Tiket Masuk (HTM)

Harga tiket masuk untuk weekday adalah Rp25.000 per orang dan parkir kendaraan roda 4 sebesar Rp5.000. Anak dengan tinggi badan 85 cm sudah dikenakan satu tiket.

Lorong pintu masuknya bisa menjadi spot foto yang menarik. Di sisi sebelah kiri, terdapat kandang burung merpati kipas dengan ukuran kandang yang lebih besar. Ada juga pusat oleh-oleh dan kafetaria di depannya. Setelah berkeliling area Watu Gajah, pengunjung bisa makan siang di kafetaria ini.

Jam Operasional

Jam operasional Watu Gajah setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore. Di sini, terdapat taman kelinci di mana kalian bisa memberi makan dengan harga Rp2.000 per bungkus. Pembelian pakannya menggunakan sistem tas kejujuran.

Selain itu, terdapat penyewaan sepeda listrik dan mobil aki. Di sini juga terdapat Watu Gajah atau Batu Gajah yang menjadi ikon utama.

Selanjutnya ada mini playground pertama yang memiliki beberapa perosotan untuk anak-anak. Di sini, pengunjung wajib melepas alas kaki dan tidak diperbolehkan membawa makanan atau minuman ke area bermain.

Kandang Unggas

Tidak jauh dari playground, terdapat kandang unggas dengan berbagai jenis unggas. Kandang unggas ini berada di satu area dengan playground dan cukup besar. Pengunjung hanya diperbolehkan melihat dari luar kandang. Selain itu, pengunjung bisa menikmati terapi ikan secara gratis di beberapa titik kolam terapi ikan.

Di Watu Gajah, juga terdapat alat gym di depan taman unggas, cocok untuk yang hobi olahraga. Fasilitas lainnya termasuk taman unggas yang memiliki berbagai jenis ayam, seperti ayam batik dan ayam ma yang lebih besar dari ayam biasanya. Di dekat area unggas, terdapat berbagai zona bermain anak yang menarik.

Taman Kupu-kupu

Terdapat juga taman kupu-kupu, namun akses masuknya tidak jelas karena tidak ada petugas yang berjaga. Fasilitas lain di Watu Gajah termasuk toilet yang dapat ditemukan di beberapa titik, seperti di dekat taman. Setelah dari taman kupu-kupu, kami menuju ke kolam ikan koi yang cantik dan dihiasi dengan batu-batu serta gemericik air terjun buatan. Kolam ikan ini juga bisa menjadi spot foto yang menarik.

Waterpark

Tidak jauh dari kolam ikan, terdapat waterpark atau kolam renang yang masih terlihat asri karena berdekatan dengan hutan karet. Waterpark ini juga dilengkapi dengan berbagai macam perosotan dan ember tumpah, serta alat olahraga di area playground. Di area tunggu kolam renang, juga terdapat alat olahraga dan kafetaria.

Lorong Cinta

Lorong cinta yang ditumbuhi tanaman menjalar pada besi menjadi spot foto yang menarik dengan lukisan tiga dimensi dan replika bahtera kapal. Di sini juga terdapat catur raksasa dan patung naga raksasa. Setelah menikmati lorong cinta, kami menuju ke area bawah yang ramah untuk stroller dan difabel. Di sini terdapat jembatan orange yang juga menjadi spot foto menarik.

Watu Gajah Park, yang beroperasi sejak Juni 2018, terus dalam tahap pembangunan dan semakin menarik. Fasilitas lainnya termasuk rumah kucing, wahana memanah gratis, dan kafetaria dengan harga makanan yang terjangkau. Ada juga musola di dekat taman dengan kolam ikan dan patung-patung menarik.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index