Wisata Kolam Air Panas Cibolang di Pangalengan, Berendam Sambil Dikelilingi Kebun Teh Bikin Kamu Relax

Wisata Kolam Air Panas Cibolang di Pangalengan, Berendam Sambil Dikelilingi Kebun Teh Bikin Kamu Relax
Review Destinasi Wisata Kolam Air Panas Cibolang di Pangalengan, Bandung. (Salsa Wisata)

RUANGBOGOR -- Bandung memiliki beberapa wisata kolam air panas yang bisa membuat siapapun elaks. Salah satunya Cibolang Hot Spring yang memiliki panorama alam yang menyejukkan mata. Tempat ini tidak hanya menawarkan liburan, tetapi juga terapi kesehatan yang mantap.

Lokasi wisata ini berada di Desa Wanasuka, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Dari Kota Bandung, waktu tempuhnya sekitar 2 jam. Selama perjalanan, perkebunan teh khas Pangalengan akan menghibur Anda, dan akses jalan menuju lokasi juga mulus banget.

Harga Tiket Masuk

Jalanan mulai menyempit saat mendekati area wisata Cibolang, tetapi bus tetap bisa sampai ke lokasi. Harga tiket masuk per orangnya Rp25.000, belum termasuk parkir, tetapi sudah termasuk asuransi jiwa.

Jam Operasional

Jam operasional Cibolang Hot Spring ini dibuka setiap hari mulai dari jam 5.00 pagi sampai jam 10.00 malam. Kalau weekend, bisa sampai jam 12.00 malam. Lahan parkirnya juga luas.

Di sekitar lokasi parkir, terdapat beberapa warung jajanan. Setelah masuk, kamu langsung berburu tempat persinggahan yang nyaman. Di sini ada beberapa saung yang sudah dilengkapi tikar.

Saungnya gratis, tapi tikarnya harus sewa dengan harga Rp20.000. Kami memilih saung besar di atas kolam ikan, namanya Balai Kambang. Cibolang Hotspring ini memiliki beberapa kolam, tetapi banyak kolam yang sedang dikosongkan mungkin sedang dalam perawatan.

Kolam Air Panas

Kolam regulernya terletak dekat dengan saung-saung dan toilet. Kedalaman kolam mulai dari sepinggang hingga sedada orang dewasa, jadi hati-hati ya. Ada tali tambang sebagai tanda batas kedalaman. Suasana semakin meriah dengan kehadiran ibu-ibu yang kreatif, menghibur pengunjung lain yang sedang berendam.

Bagi yang berminat sewa ban, harganya Rp5.000 saja. Jika kamu lupa membawa baju renang, jangan khawatir, bisa beli di sini. Setelah melihat kolam reguler, sekarang mari kita tengok area VIP. Untuk masuk area VIP, dikenakan biaya terusan Rp15.000 per orang. Di area VIP ini terdapat empat kolam plus bak rendam private dan kolam terapi ikan.

Kolam di area VIP dangkal dan airnya lebih jernih, aman untuk anak-anak. Suasana di sini berasa natural karena dekat dengan lereng hutan yang rimbun, jadi lebih sejuk. Namun, ada papan peringatan untuk tidak mendekati area hutan guna menghindari longsor dan satwa liar.

Kolam Terapi Ikan

Kolam terapi ikan di sini bikin kaki geli-geli karena digigit ikan. Saya tidak mencoba karena khawatir ikannya mabuk. Ada enam ruangan private untuk bak rendam VIP, tapi airnya panas banget. Ada peringatan dan tata tertib dari pengelola sebelum berendam.

Sebagai tempat wisata air panas yang dikelilingi perkebunan, Cibolang Hotspring menawarkan alam yang menyejukkan. Meskipun akses jalan sempit, area parkir dan kolam cukup luas. 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index