7 Wisata Mall Terbesar di Indonesia, Peringkat Satu Ternyata Bukan di Jakarta Tapi di Kota Ini!

7 Wisata Mall Terbesar di Indonesia, Peringkat Satu Ternyata Bukan di Jakarta Tapi di Kota Ini!
7 Wisata Mall Terbesar di Indonesia, Peringkat Satu Ternyata Bukan di Jakarta Tapi di Kota Ini!

RUANGBOGOR –Kami akan menyajikan deretan 7 mall terbesar di Indonesia berdasarkan total luas lantai yang disewakan atau Net Leasable Area (NLA) dari data Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI).   Pusat perbelanjaan atau mal di Indonesia tampaknya tak pernah sepi meskipun banyak mal lama mengalami penurunan popularitas karena tak lagi mampu bersaing.

Sebaliknya, banyak mal baru yang bermunculan di berbagai kota besar di Indonesia, dengan konsep yang berbeda untuk menarik pengunjung. Beberapa mal seringkali diidentikan dengan mayoritas kelas ekonomi masyarakat yang menjadi pengunjung setianya, seperti mal kelas menengah-bawah, kelas atas, atau mal untuk semua kalangan. 

Baiklah, ini dia daftar 7 mall terbesar di Indonesia berdasarkan NLA:

7. Hartono Mall Yogyakarta
Hartono Mall Yogyakarta menempati posisi ketujuh sebagai mal terbesar di Indonesia berdasarkan luasan lantai yang disewakan. Sesuai namanya, pusat belanja ini dimiliki oleh Delta Merlin Group yang usahanya banyak berfokus di kawasan Solo dan Yogyakarta. Luas NLA mal ini sekitar 80.000 meter persegi. Namun, jika menghitung luas Gross Floor Area (GFA), luas mal ini sangatlah besar, yakni mencapai 220.000 meter persegi.

6. Central Park Mall Jakarta
Selanjutnya, kita ke Jakarta dengan Central Park Mall yang lokasinya bersebelahan dengan Mal Taman Anggrek. Mall terbesar ketiga di Jakarta ini berada dalam kawasan luas terintegrasi yang terus dikembangkan oleh raksasa properti tersebut. Central Park tercatat memiliki NLA yang tak jauh berbeda dengan tetangganya, Mal Taman Anggrek. Mal ini terinspirasi dari taman kota di New York, Central Park, yang mengusung konsep kawasan hijau.

5. Mall Taman Anggrek Jakarta
Mall Taman Anggrek adalah pusat perbelanjaan ketiga terbesar di ibukota Jakarta yang menempati posisi kelima sebagai mal terbesar di Indonesia. NLA mal ini mencapai 130.000 meter persegi. Mall Taman Anggrek sudah cukup lama beroperasi, yakni sejak tahun 1996, dan pernah menyandang status sebagai mall terbesar di Asia Tenggara. Namun, seiring munculnya mal-mal besar baru, posisinya kini terus merosot.

4. Grand Indonesia Jakarta
Grand Indonesia seringkali disebut-sebut sebagai mal kalangan elit dengan pengunjung kelas menengah-atas karena isi mal didominasi oleh brand-brand kenamaan dunia. Mall ini berada di jantung kota Jakarta, yakni di Jalan Thamrin-Sudirman, yang juga menjadi pusat perkantoran tersibuk di Indonesia. Grand Indonesia memiliki luas NLA sekitar 140.000 meter persegi. Mal ini dimiliki oleh Grup Djarum dan terintegrasi dengan Menara BCA dan Hotel Indonesia Kempinski. Grand Indonesia juga terbagi dalam dua kawasan, yakni East Mall dan West Mall, yang dihubungkan dengan skybridge.

3. Summarecon Mall Kelapa Gading Jakarta
Summarecon Mall Kelapa Gading Jakarta adalah mal yang dimiliki oleh pengembang PT Summarecon Agung Tbk, yang propertinya banyak tersebar di kawasan Jabodetabek. Luas NLA mal ini mencapai 150.000 meter persegi. Berada di pusat bisnis Kelapa Gading, mal ini saling terhubung dengan MKG Gading Food City, La Piazza, dan kawasan komersial lainnya di sekitarnya.

2. Tunjungan Plaza Surabaya
Tunjungan Plaza Surabaya menempati posisi kedua sebagai pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia. Mal ini tercatat memiliki luas NLA sebesar 170.000 meter persegi. Saking luasnya, mal ini terbagi dalam enam pusat belanja yang meliputi Tunjungan Plaza 1, Tunjungan Plaza 2, Tunjungan Plaza 3, Tunjungan Plaza 4, Tunjungan Plaza 5, dan Tunjungan Plaza 6. Grup Pakuwon juga memiliki pusat belanja besar lainnya, antara lain Royal Plaza, East Coast Center, Pakuwon Trade Center, Pakuwon Town Square, dan Food Junction.

1. Pakuwon Mall Surabaya
Di posisi puncak sebagai mal terbesar di Indonesia adalah Pakuwon Mall yang terletak di Surabaya bagian barat. Jika menggunakan indikator luas NLA, Pakuwon Mall memang yang paling besar. Mal Pakuwon menjadi mal terbesar di tanah air karena memiliki luas lantai sebesar 180.000 meter persegi, atau hanya berselisih 10.000 meter persegi dengan Tunjungan Plaza. Mal yang berada di ibu kota Jawa Timur ini mulai dibuka pada tahun 2017. Sesuai dengan namanya, pengembang sekaligus pemilik dari mal ini adalah Grup Pakuwon, perusahaan pengembang papan atas nasional yang juga mengelola Tunjungan Plaza.

Itulah tadi peringkat 7 mall terbesar di Indonesia berdasarkan Net Leasable Area (NLA) atau luas lahan yang disewakan. Dari tujuh daftar tadi, mall mana nih yang jadi favoritmu? Apakah kamu sudah pernah mengunjungi ketujuh mall tersebut?

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index